KOMPOSISI FOTO YANG BAIK

Komposisi foto merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Tidak peduli sebagus apapun kamera yang digunakan, kalau komposisinya kurang baik maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

Salah satu komposisi yang bisa digunakan adalah komposisi Rule of Third, tempatkan posisi objek utama foto yang diambil pada titik poin persimpangan antara tiga grid.

 

AMBIL BANYAK FOTO
Tidak ada salahnya mengambil banyak foto. Ambil banyak foto sampai kita menemukan foto yang terbaik. Apalagi buat wanita, ada sebuah survei kecil-kecilan yang menyebutkan bahwa perbandingan foto yang diambil dengan foto yang dianggap terbaik adalah 10:1.

 

COBA BEBERAPA POSE

Coba lakukan beberapa pose dengan berbagai variasi yang berbeda. Karena kita tidak tahu mana foto yang akan terlihat bagus. Mungkin saja foto yang tidak sengaja (candid) terlihat lebih bagus daripada foto yang telah direncanakan.

 

PILIH BACKGROUND YANG TIDAK TERLALU RAMAI

Pemilihan background yang tidak terlalu ramai akan membuat fokus mata tertuju pada foto kamu. Berbeda halnya jika mengambil background yang ramai, maka fokus mata yang melihat akan tertuju kemana-mana.

 

PERHATIKAN PENCAHAYAAN

Cahaya adalah faktor paling penting dalam fotografi. Cahaya alami yang bersumber dari matahari adalah cahaya terbaik yang bisa digunakan untuk berfoto. Waktu yang tepat untuk mendapatkan pencahayaan ini adalah pagi hari antara pukul 08.00 – 10.00 dengan catatan jika tidak mendung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *