Yuk Qurban, dapatkan Hikmah dan Keutamaannya   - AMILY HIJAB

Yuk Qurban, dapatkan Hikmah dan Keutamaannya  

4 bulan yang lalu      Motivasi

 

Insya Allah, esok hari adalah Hari yang istimewa bagi Umat Islam di seluruh dunia, yaitu Hari Raya Idul Adha, dimana ketika hari esok dan hari-hari Tasyrik dilakukan penyembelihan hewan qurban.

Beruntunglah bagi kita yang bisa berqurban pada tiap tahunnya, termasuk pada tahun ini, karena dalam berqurban tekandung hikmah dan keutamaan yang luar biasa. Apa saja hikmah dan keutamaannya?

1. Setiap helai bulunya merupakan satu kebaikan
Dari Zaid Ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah).

2. Merupakan Ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT
Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450).

3. Mengembirakan Dhuafa dan meningkatkan kepedulian sesama

4. Sebagai Syiar Agama Islam
Allah SWT berfirman :
“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” (Qur’an Surat Al-Hajj : 34) .

5. Mengenang ujian Kecintaan Allah SWT terhadap Nabi Ibrahim AS
“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” [Qur’an Surat Ash-Shaffat : 102 - 107]

Itulah Hikmah dan Keutamaan dari Penyembelihan Hewan Qurban, bagi kita yang belum bisa berqurban di tahun ini, semoga Allah SWT memberikan kesempatan berqurban di tahun depan. Amiin

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar

www.amilyhijab.com

 




Komentar Artikel "Yuk Qurban, dapatkan Hikmah dan Keutamaannya  "