Tinta Pemilu Tidak Hilang ketika Berwudhu, apakah sah ? - AMILY HIJAB

Tinta Pemilu Tidak Hilang ketika Berwudhu, apakah sah ?

11 bulan yang lalu      Informasi

Setiap kali kita selesai menggunakan hak pilih (mencoblos) untuk memilih kepala negara/ kepala daerah , ada ketentuan bahwa kita harus mencelupkan salah satu jari ke dalam tinta, guna sebagai tanda bahwa kita telah menggunakan hak pilih, dan supaya tidak memilih dua kali.

Namun, tinta yang digunakan mempunyai daya lekat yang kuat, bahkan bisa sampai berhari-hari tidak hilang. Jika tinta tidak hilang, berarti ketika berwudhu salah satu jari kita tidak terkena air wudhu, Lalu, apakah wudhu kita sah?

Kalau memang tinta tersebut menghalangi lapisan kulit yang menyebabkan air wudhu tidak sampai kepada kulit, maka mudhunya tidak sah, karena salah satu syarat sahnya wudhu adalah tidak boleh ada sesuatu yang menghalangi datangnya air kepada kulit.

Namun mari kita lihat PP No.16 Tahun 2013,

“Tinta sebagimana dimaksud pada ayat (1) harus mendapatkan sertifikat halal dan tidak menghalangi air untuk keabsahan wudhu dari Majelis Ulama Indonesia”.

Jika memang tinta tersebut tidak menghalangi air untuk keabsahan wudhu, maka wudhu kita sah, meskipun tinta tersebut tidak hilang ketika berwudhu.

Dan berdasarkan pengalaman pemilu yang sudah-sudah, tinta tersebut bersifat “Henna” (pacar kuku) yang berwarna dan tidak mudah hilang namun tidak menghalangi lapisan kulit ketika berwudhu.

Namun, meskipun ada PP No.16 Tahun 2013, alangkah baiknya sebelum berwudhu kita membersihkannya terlebih dahulu, biasanya menggunakan tiner dan semacamnya. Hal ini berguna untuk menghindari keragu-raguan, karena kita tidak tahu apakah tinta tersebut sesuai dengan PP No.16 Tahun 2016 atau sudah dimodifikasi.

Meskipun tinta pemilu tidak menghalangi lapisan kulit ketika berwudhu, kita harus benar dalam berwudhu. Karena sah tidaknya wudhu seseorang tidak hanya dilihat dari sampainya air kepada kulit, namun ada faktor lain seperti air yang digunakan harus suci dan lain sebaginya.

Mudah-mudahan, pada pemilu yang akan dilaksanakan nanti, tidak terjadi pelanggaran apapun. Jikalau terjadi pelanggaran apapun, terkhusus dalam penggunaan tinta, insyaalloh setidaknya kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berwudhu.

 

Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Tinta Pemilu Tidak Hilang ketika Berwudhu, apakah sah ?"