Sifat yang harus dijauhi seorang istri - AMILY HIJAB

Sifat yang harus dijauhi seorang istri

2 bulan yang lalu      Informasi

Seorang istri sepatutnya selalu mematuhi perintah sang suami, dimana sang suami adalah sebagai tulang punggung keluarga dan sang istri menjadi tulang rusuk keluarga, maka dari itu seseorang istri jangan dijadikan tulang punggung keluarga, tetapi seorang istri pun tidak boleh leha-leha atau bersenang-senang diri karena kewajiban mencari nafkah itu adalah seorang suami, tetapi seorang istri pun harus bisa menjaga martabat suami dan keluarganya, nah dibawah ini adalah sifat yang harus dijauhi oleh seorang istri, :

  1. Al – Anaanah

Banyak keluh kesah. Hidupnya selalu di iringi oleh rasa kegelisahan karena orang yang memilki sifat ini tidak selalu merasa cukup dengan keadaan. Terlebih lagi bila hidupnya susah. Jauh dari rasa syukur. Contohnya seperti seorang istri pasti memiliki hobi belanja, tapi kalau hobi tersebut sudah memuncak pasti akan sampai ke sifat Al-Anaanah kenapa ? karena si istri akan terus minta ke suaminya untuk dibelanjakan, karena sifatnya yang tidak pernah merasa puas dengan hidupnya. Istri yang memiliki sifat ini akan menimbulkan tidak harmonisnya keluarga, kenapa demikian ? karena si suami pasti tidak nyaman dengan keadaan sang istri yang selalu menginginkan kehidupannya sendiri. Selalu ingin menang sendiri, dan Maka dari itu seorang istri harus jauh dari sifat ini.

  1. Al-Manaanah.

Suka mengungkit-ngungkit hal yang negatif pada diri suami atau orang lain. Contohnya, saat si suami pulang kerja dia tidak menyapa si istri karena pekerjaannya yang numpuk, di pandang sang istri dia itu dibiarkan, langsung saja spontan dia meyalahkan si suami yang tidak menyapanya. Satu kesalahan yang telah dibuatnya dia akan mengucapkan seribu kesalahan lainnya. Bahkan dia tega menceritakannya pada orang lain. Akibatnya akan menimbulkan pertengkaran karena satu sama lainnya tidak saling pengertian. Oleh karena itu seorang istri harus bisa mengerti terhadap keadaan suaminya.

  1. Al –Hunaana

Suka membandingkan suami sendiri dengan orang lain. Tidak mensyukuri suami sendiri dan suka berandai-andai. contohnya “Andai suami saya seperti orang itu pasti keadaan saya tidak akan seperti ini.” termasuk juga lebih cinta/ngefans pada artis ketimbang suaminya. Akibanya akan menimbulkan rasa kecemburuan suami, yang akhirnya si suami merasa tidak nyaman, hingga akhirnya akan menimbulkan pertengkaran dan perselisihan

  1. Al- Hudaaqah

Suka memaksa pada suami jika menginginkan sesuatu. Seorang istri itu harus bisa melihat keadaan suaminya. Contohnya seorang suami menikah dengan seorang istri, kesehariannya/hobinya sang istri adalah selalu belanja tapi suatu hari pendapatan suami mulai menurun, dan pada saat bersamaan di sebuah toko ada produk mahal terbaru, si istri memaksa ingin membeli barang itu, padahal pendapatan sang suami menurun, seharusnya si istri harus bisa mengerti keadaan suaminya, dia tak melihat lagi situasi dan kemampuan sang suami. Jika tak dipenuhi dia akan mengancam suaminya dengan berbagai ancaman. Akibatnya akan menimbulkan kekacauan dirumah tangga hingga timbulnya perceraian.

  1. Al-Hulaaqa.

Suka bersolek dan santai sehingga melupakan kewajibannya sebagai istri. Dalam hal ini kewajiban seorang istri adalah kewajiban di ruang lingkup rumah tangganya, seperti kewajiban pada suami, mengurus anak, memasak, sholat dll. Tetapi kewajiban itu tidak di laksanankan oleh seorang istri, yang pada akhirnya akan membuat tidak nyaman terhadap struktur kekeluargaan.

  1. As-Salaaqah.

Bergosip adalah suatu hal/kebiasaan seorang istri yang selalu dilakukannya. Tidak heran lagi kalau melihat ada perkumpulan ibu-ibu yang sedang ngobrol-ngobrol, pasti dalam selang –seling percakapannya ada percakapan membicarakan orang lain, istri yang suka berqosip atau membicarakan orang lain akan menimbulkan perasaan yang tidak yang kepada orang lainnya, sepatutnya seorang istri tidak boleh bergosip atau berguncing membicarakan orang lain. Karena itu adalah perbuatan tercela. Padahal islam melarangnya.

Nah beberapan sifat diatas adalah merupakan sifat yang harus dijauhi oleh para istri dan calon, jika memiliki salah satu sifat diatas akan menimbilkan perpecahan, pertengkaran, dan menghilangnya keharmonisan keluarga. Mudah-mudahan kita semua termasuk istri yang solehah yang selalu terhindar dari sifat-sifat buruk diatas. Amiin

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Sifat yang harus dijauhi seorang istri"