Riba yang Paling Riba - AMILY HIJAB

Riba yang Paling Riba

10 bulan yang lalu      Informasi

Riba yang paling Riba

 

Seperti yang kita tahu, bahwa Riba merupakan Dosa Besar, dosa riba yang paling ringan adalah seperti dosa seorang lelaki yang menikahi ibu kandungnya sendiri.

Rasulullah SAW bersabda :

Dari Abdullah bin Masud RA dari Nabi SAW bersabda,"Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibunya sendiri. (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim).

Na’udzubillah, mudah-mudahan kita dijauhkan dari perbuatan riba. Amiin

Namun, apakah kita tahu? kita sering tidak sadar melakukan perbuatan riba  yang paling riba?
Apakah itu?

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya termasuk riba yang paling besar (dalam riwayat lain: termasuk dari sebesar besarnya dosa besar) adalah memperpanjang dalam membeberkan aib saudaranya muslim tanpa alasan yang benar. ” (HR. Abu Dawud no. 4866-4967)

Dari hadits di atas, makna dari Riba yang paling bersar adalah Ghibah. Kenapa Ghibah merupakan Riba yang paling besar? Karena ghibah ini langsung merusak  kehormatan manusia, dan kehormatan manusia lebih berharga dari pada harta.

Ghibah dapat mencerai-beraikan ikatan kasih sayang dan ukhuwah sesama manusia. Seseorang yang berbuat ghibah berarti dia telah menyemai kedengkian dan kejahatan dalam masyarakat.

Dosa dan Bahaya Ghibah yang Sangat Mengerikan :

  1. Setara dengan dosa riba yang paling besar
  2. Terancam adzab kubur mencakar-cakar wajah dan dada dengan kuku dari tembaga
    Rasulullah SAW bersabda :

    “Ketika aku dibawa naik, aku melewati suatu kaum yang memiliki kuku dari tembaga yang dengannya mereka mencakar-cakar wajah dan dada mereka. Aku bertanya, ‘Wahai Jibril, siapakah mereka?’ Jibril menjawab, ‘Mereka adalah kaum yang telah memakan daging orang lain dan menginjak-injak kehormatan mereka’.” (HR. Abu Dawud no. 4878 dari sahabat Anas bin Malik Rodhiyallohu ‘anhu dan disahihkan oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud no. 4082 dan dalam ash-Shahihah no. 533) .

  3. Lebih keras dari zina
  4. Terancam Masuk Neraka

Astagfirullah, sungguh mengerikan apabila kita sering melakukannya.Tak ada manfaatnya kita membuka aib-aib orang lain. Allah SWT telah menutup aib setiap manusia, tapi kok kita membukanya? Sungguh perbuatan yang sangat buruk. Berpikirlah bagaimana kalau suatu saat aib kita yang diumbar? akan kemanakan wajah kita disembunyikan?

Maka dari itu, apabila telah terlanjur melakukannya, segeralah bertaubat dan tidak melakukannya lagi sebelum aib kita dibuka. Insya Allah wink

 

Artikel lengkap & Produsen Khimar Antem

www.amilyhijab.com

 

 




Komentar Artikel "Riba yang Paling Riba"