Perilaku anak tidak baik? Bisa jadi karena Orang Tuanya - AMILY HIJAB

Perilaku anak tidak baik? Bisa jadi karena Orang Tuanya

10 bulan yang lalu      Informasi

Terdapat peribahasa “Buah jatuh, tidak jauh dari pohonnya”, ada yang mengartikan bahwa sifat yang dimiliki seoarang anak, tidak jauh berbeda dengan sifat yang dimiliki oleh orang tuanya.

Apabila seperti itu, berarti kalau anak nakal, orang tuanya nakal juga? Bukankah anak menjadi nakal karena terpengaruhi oleh pergaulan di lingkungannya? Memang benar, pergaulan di lingkungan memengaruhi sikapnya, namun juga harus tahu, bahwa sikap anak dipengaruhi oleh gen orang tuanya.

Pada dasarnya gen orangtua memengaruhi dalam bentuk fisik seperti rambut, muka, dan sebagainya. Namun, gen juga memfasilitasi kenakalan terhadap anak. Sifat alami dari orang tua lah yang menurun kepada anak mereka. Sehingga, hal itulah yang menjadi penyebab anak-anak menjadi nakal.

Misalnya saja orang tua yang mempunyai dasar pemarah, hal ini akan menurun ke anak mereka. Anak mereka akan mempunyai sifat pemarah juga.

Hal itu bergantung pada seberapa besar pengaruh gen antara ayah dan ibunya. Jika gen ibu yang menang, maka akan lebih banyak karakterisitik ibu yang muncul pada diri anak, begitu juga sebaliknya. Kehidupan di masa lalu yang dijalani oleh orang tua biasanya juga akan tercermin pada anak. Hal itu akan terlihat bagaimana anak menjalani hidup ini terutama dalam menghadapi masalah.

Sikap dan perilaku yang akan dijalani oleh anak memang didapatkan dari orang tua mereka. Sehingga, hal itulah yang menjadi dasar kenakalan itu terjadi. Meskipun, kita juga tidak boleh mengabaikan faktor-faktor lain dari penyebab kenakalan anak.

Percampuran gen antara ayah dan ibu itulah yang akan membentuk kepribadian anak. Mereka bisa menjadi anak yang baik atau pun nakal, tergantung dari jumlah gen yang ada di dalam diri mereka. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kedua gen akan saling mendominasi hingga akhirnya akan ada satu gen yang dominan penuh atas anak terebut.

Maka dari itu, perlu adanya didikan dan bimbingan yang dilakukan oleh orang tua. Jangan sampai anak kita mempunyai sifat yang tidak baik sama seperti kita. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kenakalan anak, salah satunya dengan pemberian ilmu agama.

Perhatikan juga setiap pertumbuhan dan perkembangan anak, baik di dalam keluarga, maupun di lingkungannya. Jangan menjadi orang tua yang cuek yang tidak mengetahui sifat anak sendiri, karena diakhirat kelak, anak akan menuntut orang tua jika ia masuk neraka karena tidak adanya didikan orang tua. Na’udzubillah

Mudah-mudahan, kita menjadi orang tua yang baik dan mempunyai anak yang  sholeh dan sholehah.

Amiin J

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Perilaku anak tidak baik? Bisa jadi karena Orang Tuanya"