Pelembut Hati - AMILY HIJAB

Pelembut Hati

9 bulan yang lalu      Motivasi

Pelembut Hati

Siapa bilang hanya pakaian saja yang perlu dilembutkan? Ternyata hati pun perlu dilembutkan. Dilembutkan tatkala badan merasa enggan untuk beramal, tatkala hati mulai sulit untuk terenyuh, dan ini merupakan salah satu tanda kerasnya hati, dengan kata lain hati sedang sakit. Lalu bagaimana cara kita melembutkan hati kembali? Apakah perlu direndam beberapa menit dengan pelembut layaknya pakaian?

Bukan, menurut sumber Muslim.Or.Id, terdapat 5 cara untuk melembutkan hati.

 

  1. Perbanyak Baca Al-Quran dengan Mentadabburinya
    Di antara sebab lembutnya hati adalah dengan membaca Al Qur’an. Al Qur’an adalah kalamullah, perkataan Allah, Rabb pencipta langit dan bumi, bukan perkataan makhluk. Namun syarat untuk menenangkan hati tidaklah hanya sekedar membaca, tapi di-tadabburi, direnungkan maknanya sehingga dapat diamalkan.
  2. Perbanyak Dzikir Mengingat Allah
    Tidak diragukan lagi, berdzikir dapat melembutkan hati. Karena dengan mengingat Allah, maka hati pun menjadi tenang. Sebagaimana Allah firmankan dalam surah Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya, “Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang.”
  3. Berteman Dengan Kawan yang Baik Agamanya.
    Carilah kawan akrab yang baik agamanya, sehingga ketika sedang futur(malas, kondisi hati melemah), maka ada yang mengingatkan, menasehati dan kembali membawa kita ke dalam majelis ilmu. Jangan sampai ketika kondisi hati melemah, kita malah menjauhi kawan-kawan yang semangat dalam kebaikan.
  4. Menyayangi Anak Kecil
    Menyayangi anak kecil dapat melembutkan hati, terutama anak kecil yatim (bapaknya sudah meninggal).

    5. Berdoa Kepada Allah
    Doa adalah senjata seorang mukmin, jangan sampai seorang mukmin melupakan bahwa urusannya tergantung kehendak Allah Ta’ala. Banyak-banyaklah berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam ketaatan dan diberikan kelembutan hati, dan dijauhkan dari rasa malas yang terus menerus sehingga hati menjadi mati. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammengajarkan kita sebuah doa agar berlindung dari rasa malas. Berikut adalah doanya:

    (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Demikian 5 cara untuk melembutkan hati, mudah-mudahan kita menjadi hamba yang mempunyai hati yang lembut sehingga kita tidak enggan dalam beribadah. Amiin

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Pelembut Hati"