Orang Tua Perlu Waspada !!! Dampak Televisi bagi Perkembangan Anak - AMILY HIJAB

Orang Tua Perlu Waspada !!! Dampak Televisi bagi Perkembangan Anak

1 tahun yang lalu      Informasi

     Televisi merupakan alat elektronik yang mempunyai fungsi sebagi sarana informasi. Di era globalisasi ini, banyak sekali chanel-chanel yang bermunculan, mulai dari nasional sampai swasta saling berlomba untuk menayangkan berita, hiburan dan lain sebagainya.

     Anak-anak merupakan pemirsa televisi yang setia, mulai dari pagi buta sampai petang hampir di setiap chanel menyiarkan acara anak-anak, baik kartun, edukasi dan lain sebagainya. Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memilih siaran untu anaknya. Karena apa? Karena anak-anak memiliki memori yang sangat kuat, sehingga sesuatu yang dilihat dan didengar dari televisi, baik atau buruk akan mudah diingat dan memberikan dampak bagi perkembangan anak.

Berikut berberapa dampak yang ditimbulkan dari menonton televisi bagi perkembangan anak, yaitu :

  1. Dampak Positif

    a. Memberikan Ilmu Pengetahuan bagi anak.
    Televisi edukasi sangat bermanfaat bagi anak, terutama dalam memberikan ilmu pengetahuan. Sehingga anak pun mendapatkan ilmu baru selain dari yang telah ia pelajari di sekolahnya.

    b. Memberikan hiburan.
    Anak-anak akan merasa terhibur ketika menonton film kartun setelah seharian belajar dan otaknya akan kembali fresh.

    c. Dapat memperbaiki akhlaq.
    Anak-anak akan meniru tokoh superhero yang ia tonton, sehingga ia akan belajar untuk menolong sesamanya.
  1. Dampak Negatif

    a. Dapat merusak akhlaq dan moral.
    Anak-anak akan cenderung mengikuti apa yang ia lihat. Tak jarang, akibat menonton siaran televisi membuat anak menjadi nakal, melakukan kekerasan dan lain sebagainya.

    b. Lalai terhadap waktu
    Ketika film kesukaannya sedang berlangsung, tiba-tiba adzan untuk melaksanakan shalat berkumandang, ia akan cenderung meneruskan menonton televisi dibandingkan melaksanakan shalat, tidak hanya itu tidak sedikit PR sekolahnya terbengkalai, dan perintah orang tuanya tidak dituruti.

    c. Membentuk karakter individualis.
    Ketika anak-anak sedang menonton film kesukaannya, lalu ada temannya mengajak bermain, ia akan lebih memilih menonton film.

    d. Menjadikan anak lebih konsuftif
    Hal ini terjadi karena anak sering melihat iklan yang menawarkan berbagai macam produk

    e. Malas belajar
    Sudah jelas, anak lebih memilih menonton film dari pada belajar

    f. terlalu sering nonton televisi dan tidak pernah membaca menyebabkan anak akan memiliki pola fikir sederhana, kurang kritis, linier atau searah dan pada akhirnya akan mempengaruhi imajinasi, intelektualitas, dan perkembangan kognitifnya

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan  bagi perkembangan anak dari menonton siaran televise. Baik atau buruk dampak yang di dapat, itu kembali kepada pribadi anak dan pola asuh orang tuanya.

Artikel Lengkap dan Produsen Khimar Antem Terbaik




Komentar Artikel "Orang Tua Perlu Waspada !!! Dampak Televisi bagi Perkembangan Anak"