Luruskan Niat, dapatkan 5 Keajaibannya - AMILY HIJAB

Luruskan Niat, dapatkan 5 Keajaibannya

5 bulan yang lalu      Motivasi

Rasullah SAW bersabda :

“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. ...” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits).

Dari hadits di atas, diterima atau tidaknya amal kita oleh Allah SWT tergantung bagaimaa niat kita. Dan sering kali kita meremehkan niat atau bahkan niat kita tidak lurus dan berbelok-belok. Maka dari itu, luruskan kembali niat kita untuk mendapat keridhoan-Nya, selain itu, dengan niat kita akan mendapatkan 5 keajaiban, apa saja keajaiban tersebut? Yuk kita dapatkan

1. Niat yang kita tekadkan, tercatat sebagai pahala meskipun belum terlaksana
Abul Abbas, Abdullah bin Abbas bin Abdullah Muthalib ra berkata Rasulullah SAW menjelaskan, “Sesungguhnya Allah SWT sudah mencatat semua perbuatan baik dan buruk, kemudian Allah menerangkannya kepada para malaikat, mana perbuatan yang baik dan mana yang buruk yang harus dicatat. Oleh karena itu, siapa saja yang bermaksud melakukan perbuatan baik, lalu tidak mengerjakannya maka Allah mencatat maksud baik itu sebagai satu amal baik yang sempurna. Jika ia mengerjakannya maka Allah mencatat di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat dan dilipatgandakannya lagi. Siapa saja yang bermaksud melakukan keburukan lalu tidak jadi mengerjakannya, maka Allah mencatatnya sebagai satu amal baik yang sempurna. Apabila ia mengerjakannya maka Allah mencatatnya sebagai satu kejelekan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membedakan kedudukan sebuah pekerjaan, diawali dari kebiasaan hingga menjadi ibadah

3. Terletak di hati, namun menjadi syarat sah ibadah
Tujuan dari niat adalah untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah lainnya, ibadah sunah dan ibadah wajib. Untuk shalat kita harus niat, untuk berpuasa juga wajib niat malam sebelumnya. Demikian pula dalam haji, niat ihram merupakan salah satu rukun haji. Selain itu, sebelum shalat, puasa, zakat, haji atau ibadah lainnya hendaknya kita memiliki niat yang baik agar perbuatan tersebut dicatat sebagai ibadah.

4. Dapat membawa seseorang masuk ke surga ataupun neraka
Niat yang baik pasti akan membawa kita pada kebaikan hingga masuk surga, namun sebaliknya, jika niatnya buruk, maka hal tersebut akan menjerumuskan kita ke dalam keburukan juga hingga kita masuk ke dalam neraka.

Dalam HR Ahmad dari Abu Hurairah, “Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya diniatkan hanya untuk mencari wajah Allah, namun ia tidak bermaksud selain hanya untuk mendapat harta benda dunia, ia tidak akan mencium semerbak wangi surga.”

5. Menjadi motivasi besar untuk mengerjakan amalan dengan sungguh-sungguh
Setiap orang itu hanya mendapat apa yang ia niatkan”. Niat merupakan bekal sekaligus pendorong kesungguhan berusaha sampai ia mendapatkan. Banyak orang dengan segala keterbatasan materi tapi bisa naik haji karena adanya niat besar yang memotivasinya untuk menabung sedikit demi sedikit hingga akhirnya Allah berkenan membuahkan hasil kesabarannya.

Dari Aisyah RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda, sungguh Allah sangat senang jika salah satu di antara kalian melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh.” (HR. Thabrani).

 

Maka dari itu, perbaiki dan luruskan niat kita sebelum melakukan sesuatu. Mudah-mudahan kita senantiasa mempunyai niat yang baik dan Allah SWT senantiasa meridhoi kita. Amiin

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem
www.amilyhijab.com

 

 





Komentar Artikel "Luruskan Niat, dapatkan 5 Keajaibannya"