Kuliah atau nikah? - AMILY HIJAB

Kuliah atau nikah?

8 bulan yang lalu      Motivasi

“Kuliah atau nikah ya”?

Pernah mendengar kalimat di atas? Pasti pernah ya, karena di Iklan Televisi pun ada :D

“Kalau kuliah dulu, nanti nikahnya keburu tua, tapi kalau nikah dulu, pendidikan aku gimana? Ah tenang, kuliah masih bisa meskipun sudah nikah. Tapi gimana kalau membebankan pasanganku nanti, belum lagi jika langsung ingin punya anak, Ya Rabb.. show me the way”. Pernah berpikir seperti itu?

Semuanya kembali kepada pendapat masing-masing, namun dalam ilmu fiqih ada pertimbangan untuk menentukan kuliah atau menikah lebih dulu.

Apabila menikah dulu baru melanjutkan kuliah sekiranya membebani dalam kuliahnya karena suami istri itu memang sudah ada kewajiban diantara keduanya untuk saling mengerti dan memberi nafkah lahir dan batin. Jika dirinya mampu menjamin diri dari perbuatan yang di larang oleh Allah SWT seperti perbuatan yang mendekat zina dan zina, maka memilih untuk mendahulukan kuliah itu yang lebih baik. 

Namum apabila memilih kuliah namum tidak bisa untuk menjamin dirinya dari perbuatan yang di larang oleh Allah SWT seperti perbuatan yang mendekatkan dirinya kepada zina bahkan kalau tidak menikah bisa terjerumus ke dalam zina maka nikah hukumnya wajib. 

Apabila dirinya bisa menyatukan antara kuliah dan nikah karena memang sudah tidak bisa menahan dirinya kalau tidak menikah akan terjerumus kedalam zina dan dia sudah punya biaya dan nafkah yg berupa mahar dan nafkah untuk menghidupinya dan istrinya. Maka pada kondisi begini nikah hukumnya sunnah.

Namun bagi remaja yang sudah biasa mengenal lawan jenisnya namun masih berkeinginan untuk kuliah dan belum ada biaya untuk menikah seperti bemberi mahar dan nafkah untuk diri dan istrinya, maka perbanyaklah puasa sunah untuk mejaga dirinya dari perbuatan mungkar, karena puasa bisa melemahkan nafsu dan bisa mensucikan pikiran dari perbuatan yang mungkar serta bisa menambah kecerdasan dalam belajar.

Jangan lupa juga untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT melalui Shalat Sunnah Istikharah, karena Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu yang terbaik untuk hamba-Nya. Wallahu a'lam.

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Kuliah atau nikah?"