KONTROVERSIAL Cut Nyak Dhien Yang Sebenarnya BERHIJAB ? - AMILY HIJAB

KONTROVERSIAL Cut Nyak Dhien Yang Sebenarnya BERHIJAB ?

1 tahun yang lalu    

     Cut Nyak Dhien (Tjoet Nja' Dhien) adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Aceh. Cut Nyak Dhien berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Beliau memiliki sejarah perjuangan yang bermula dari kemarahannya pada Belanda saat suaminya Ibrahim Lamnga tewas dibunuh Belanda. Saat itu beliau bersumpah hendak menghancurkan Belanda. Yang kemudian beliau menikah dengan Teuku Umar dengan syarat ia ingin ikut perang melawan Belanda. Menurut sejarah, Cut Nyak Dhien dilahirkan dari keluarga bangsawan yang taat beragama di Aceh Besar. Maksud dari kalimat ini tentunya adalah agama islam.

     Beberapa waktu kebelakang sempat heboh kabar bahwa ternyata Cut Nyak Dhien aslinya berhijab. Hal ini sangat mengagetkan karena selama ini kita disuguhi tampilannya dengan versi lukisan yang tidak berjilbab dengan rambut diikat bagian atasnya. Hal ini dipicu dari status sebuah fanpage facebook “Seuramoe Mekkah”. Dalam artikel tersebut, ditampilkan sebuah foto seorang perempuan mengenakan jilbab, yang dinyatakan sebagai foto Cut Nyak Dhien dari kerajaan Islam Aceh Darussalam.

     Hal ini juga diperkuat pernyataan penulis dari situs kabarmuslimah. Penulis menyatakan bahwa  seorang temannya bernama Rosaria Indah (masih keturunan dari Cut Nyak Dhien) melalui akun Facebooknya, bahwa memang ada beberapa penyimpangan sejarah tentang pahlawan perempuan ini. Berdasarkan cerita turun temurun dari keluarga besar, Cut Nyak Dhien tidak mempunyai peninggalan foto ketika masih muda. Yang ada hanya foto ketika dirinya ditangkap oleh Belanda sebelum akhirnya dibuang ke Sumedang. Dan saat itu Cut Nyak sudah mulai uzur atau tua.

     Dari sebelum zaman Sultan Iskandar Muda, rujukan hukum yaitu para ulama islam, karena Aceh merupakan kerajaan Islam. Maka keluarga kerajaan seperti Cut Nyak Dhien akan sangat aneh jika tidak berhijab. Kemudian jika dari film Cut Nyak Dhien yang dibintangi Christine Hakim, digambarkan Belanda sampai memanfaatkan pengkhianat untuk mengetahui keberadaan dari Cut Nyak Dhien. Jadi beberapa foto yang diklaim sebagai Cut Nyak Dhien (yang maish muda) yang bersumber dari Belanda itu dipertanyakan keasliannya. Wallahu a’lam bish showab. Seperti apapun kejadian yang sebenarnya, kita tetap menghormati Cut Nyak Dhien sebagai pahlawan perempuan nasional muslim Indonesia.




Komentar Artikel "KONTROVERSIAL Cut Nyak Dhien Yang Sebenarnya BERHIJAB ?"