Kita boleh dandan ukhti, asal dandannya seperti ini   - AMILY HIJAB

Kita boleh dandan ukhti, asal dandannya seperti ini  

4 bulan yang lalu      Informasi

 

Siapa di sini yang belum pernah dandan? Kenapa belum pernah dandan? Apapun alasannya jangan takut untuk berdandan, apalagi dandan untuk suami itu sangat dianjurkan. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baik istri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu disaat engkau pergi.

Kita pun boleh dandan ukhti, asal dandannya seperti ini :

1. Tidak menghabiskan banyak waktu
Terkadang kita terlalu banyak menghabiskan waktu di depan cermin mempercantik wajah, sampai-sampai mengantar anak ke sekolah pun jadi kesiangan.
Berdandan yang diperbolehkan tidak memakan waktu banyak, sekedarnya saja, agar wajah tidak terlihat kusam, mengoleskan lipstick agar tidak terlihat pucat, berpakaian syar’i (menutup aurat), simpel, rapi dan bersih.

2. Tidak berlebihan
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak diperbolehkan dalam Islam, termasuk dalam berdandan.
Dari Ibnu Mas’ud ra, bahwa Nabi saw bersabda: “Binasalah orang-orang yang berlebih-lebihan”, tiga kali Rasulullah menyebutkan hadits ini, baik sebagai berita tentang kehancuran mereka ataupun sebagai do’a untuk kehancuran mereka. (Diriwayatkan oleh Muslim (2670)).

3. Tidak memperlihatkan bentuk dan lekuk tubuh
Berhias dengan balutan taqwa, tidak memperlihatkan lekuk tubuh, tidak berpakaian tipis, terawang, ketat dan seksi kecuali dihadapan suami. Rasulullah SAW bersabda :
“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

4. Tidak bermaksud menarik perhatian pria lain
Berhiaslah karena menjaga kebersihan, menyejukkan pandangan suami, agar tidak kusam, keindahan dan bukan untuk mencari-cari pujian banyak orang, apalagi menumbuhkan syhawat pria lain

5. Tidak berdandan menyerupai pria
Rasulullah SAW bersabda :
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari no. 5885).

6. Menggunakan alat dan bahan yang halal dan tidak najis
Gunakanlah makeup yang halal, baik dari bahannya, pemasarannya dan lain-lain. Jangan menggunakan makeup yang berbahaya yang bisa membuat madharat bagi kita.

7. Tidak mengikuti dandanan wanita kafir
Al-Mufassir Muqotil bin Hayyan rahimahullah berkata :
“Tabarruj (berhias dan bersolek Jahiliyah) adalah seorang wanita mengenakan kerudung di kepalanya namun tidak melilitnya dengan baik agar menutupi perhiasan kalungnya, antingnya dan lehernya, sehingga nampaklah semua itu, inilah yang disebut tabarruj Jahiliyyah, kemudian larangan tabarruj ini berlaku umum bagi seluruh wanita beriman.” [Tafsir Ibnu Katsir, 6/410]

8. Tidak mengubah ciptaan Allah SWT
Rasulullah SAW bersabda :
Allah SWT melaknat wanita-wanita yang membuat tato, meminta ditato, mencabut alis, dan memperbaiki susunan giginya untuk mempercantik diri, yang telah mengubah ciptaan Allah SWT (H.R Al-Bukhori dan Muslim dan lainnya)

Kalau pakai kawat gigi? Seharusnya itu tidak dilakukan, apabila hanya untuk bergaya atau untuk mempercantik diri. Namun jika itu dilakukan dalam rangka pengobatan atau menghilangkan ketidaknormalan atau kebutuhan lainnya, maka tidak apa-apa. Misalnya kesulitan mengunyah makanan, kesulitan membaca Al-Quran kecuai jika giginya diperbaiki.

Bagaimana ukhti? Masih ragukah untuk berdandan? Selama kita berada dalam aturan islam, insya allah tidak apa-apa. Semoga kita tidak hanya mempu mempercantik diri kita, namun juga mampu mempercantik hati kita. Amiin

 

 

Artikel Lengkap & Spesalis Khimar

www.amilyhijab.com

 

 

 




Komentar Artikel "Kita boleh dandan ukhti, asal dandannya seperti ini  "