Kiat-kiat Qanaah - AMILY HIJAB

Kiat-kiat Qanaah

9 bulan yang lalu      Informasi

Qana’ah menurut bahasa adalah merasa cukup atau rela, sedangkan menurut istilah ialah  sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidak puas dan perasaan kurang.

Namun, sebagai manusia, kita sering merasa tidak puas dan kurang bersyukur dengan ni’mat yang Allah SWT berikan, Allah SWT berfirman :

“ Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur.” (QS.23:78).

Lalu, bagaimana supaya kita bisa menjadi hamba yang qanaah dan bersyukura atas ni’mat yang Allah SWT berikan kepada kita ?

Dikutip dari http://muslim.or.id , terdapat 8 kiat supaya kita menjadi hamba yang Qanaah :

  1. Memperkuat keimanan terhadap takdir Allah, kesabaran dan tawakal
    Keimanan terhadap takdir Allah merupakan pondasi yang dapat melahirkan sifat qana’ah, diiringi dengan memperkuat sifat sabar dan tawakkal. Ketika sifat qana’ah tidak terdapat dalam diri kita berarti ada kekurangan dalam keimanan terhadap takdir Allah, kesabaran kita masih minim, begitu pula dengan rasa tawakkal.
  2. Mentadabburi firman Allah ta’ala dan hadits nabi
  3. Memahami hikmah Allah menciptakan perbedaan rezeki dan kedudukan di antara hamba
    Salah satu hikmah timbulnya perbedaan rezeki sehingga ada yang kaya dan yang miskin adalah agar kehidupan di bumi bisa berlangsung, terjadi hubungan timbal-balik di mana kedua pihak saling mengambil manfaat, yang kaya memberikan manfaat kepada yang miskin dengan harta, sedangkan yang miskin memberikan bantuan tenaga kepada yang kaya, sehingga keduanya menjadi sebab kelangsungan hidup bagi yang lain (Tafsir al-Baghawi).
  4. Berdo’a
    Memohon agar kita dianugerahi sifat qana’ah. Praktik nabi mencontohkan hal tersebut, kehidupan ekonomi beliau yang bersahaja tidak membuat beliau mengeluh, bahkan beliau berdo’a kepada Allah agar rezeki beliau dan keluarga sekedar untuk menutup lapar.
  1. Melihat kondisi mereka yang berada di bawah kita
    Jika kita ditakdirkan ditimpa musibah, pasti di sana ada mereka yang diuji dengan musibah yang lebih daripada kita. Jika kita ditakdirkan menjadi orang yang fakir, pasti di sana ada orang yang lebih fakir. Oleh karenanya, mengapa kita menengadahkan kepala, melihat kondisi orang yang diberi kelebihan rezeki tanpa melihat mereka yang berada di bawah?
  2. Membaca sirah para pendahulu yang shalih
    Untuk meraih sifat qana’ah, kita dapat membaca bagaimana sikap para kekasih Allah SWT terhadap dunia, kezuhudan serta keridlaan mereka dengan kondisi ekonomi yang sulit. Dunia telah dibentangkan di hadapan mereka, namun mereka menolak karena lebih mendahulukan balasan yang abadi ketimbang balasan yang disegerakan di dunia,menerima yang sedikit demi memperoleh balasan yang banyak. Semua hal itu akan menjadikan kita untuk lebih mendambakan kehidupan akhirat dan menganggap kecil segala bentuk perhiasan dunia yang tidak lekang.
  1. Memahami bahwa harta dapat membawa dampak buruk
    Problem bagi pemilik harta adalah proses audit yang akan diterapkan dari dua sisi, yaitu bagaimana harta itu diperoleh dan kemana disalurkan. Hal inilah yang menjadikan konsekuensi dari kepemilikan harta bukanlah sesuatu yang mudah, bisa berujung pada petaka bagi pemiliknya, kecuali mereka yang bertakwa kepada Allah dalam mencari dan membelanjakan hartanya.
  2. Memahami bahwa antara yang kaya dan yang miskin hanya terjadi perbedaan yang tipis
    Perbedaan kondisi antara yang kaya dan yang miskin betapa pun besarnya di mata kita, pada hakikatnya hanya perbedaan yang tipis. Seorang yang ditakdirkan Allah dalam keadaan kaya hanya mampu memanfaatkan sebagian kecil dari hartanya, yaitu sekedar apa yang menutupi kebutuhan. Adapun kelebihan dari harta yang dia miliki, pada akhirnya tidak mampu dia manfaatkan seluruhnya meski itu adalah miliknya.

Itulah 8 kiat yang bisa kita pelajari untuk menjadi seorang hamba yang Qonaah. Insya Allah, dengan mempunyai sifat Qonaah, Allah SWT akan mencukupi segala kebutuhan kita. Amiin

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Kiat-kiat Qanaah"