Keutamaan Menjenguk Orang Sakit - AMILY HIJAB

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

9 bulan yang lalu      Motivasi

Rasulullah SAW bersabda :

“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya, jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat, jika ia bersin dan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ maka do‘akanlah ia dengan ‘Yarhamukallah’, jika ia sakit maka jenguklah, dan jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya.” (HR. Muslim).

Dari hadits di atas, salah satu hak sesama muslim adalah orang yang sakit. Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia dan memiliki keutamaan serta pahala besar di dalamnya. Menjenguk orang sakit termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

Banyak keutamaan bagi orang muslim yang menjenguk orang muslim yang sedang sakit, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Ketika menjenguk orang yang sakit, jangan lupa untuk membaca do’anya :

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud).

Subahanallah, betapa banyak keutamaan yang Allah SWT berikan untuk orang muslim yang menjenguk orang muslim yang sedang sakit.

Mudah-mudahan, kita menjadi seorang muslim yang baik, yang mampu menjalankan hak dan kewajiban terhadap sesama muslim, dan mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan kita kesehatan, kalaupun kita sakit, mudah-mudahan bisa menjadi kifarat untuk dosa-dosa kita. Amiin J

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Keutamaan Menjenguk Orang Sakit"