Kenali 4 Penyebab Anak Sakit Perut - AMILY HIJAB

Kenali 4 Penyebab Anak Sakit Perut

5 bulan yang lalu      Informasi

Semua anak pasti mengalami sakit perut, mulai dari sekedar mengeluhkan perutnya yang sakit tanpa ekspresi kesakitan, sampai menangis berguling-guling karena merasakan nyeri perut. Orang tua pun sering dibuat kalang kabut dengan keluhan ini dan bingung apa yang menyebabkannya.

Sebagai orang tua, kita harus pandai dan sigap mengetahui penyebabnya, supaya kita tahu langkah untuk pengobatannya dan perawatannya. Meskipun sekarang banyak dokter, tak ada salahnya kita mengetahuinya. Yuk kenali 4 penyebab anak sakit perut.

  1. Diare Akut

Kadang disebut dengan gastroenteritis atau flu perut. Buang air besar anak menjadi lebih cair dan frekuensinya lebih sering. Anak juga mengalami nyeri perut dalam berbagai karakteristik, seperti perih, mulas, melilit, merasa kembung dan mual. Penyebabnya terseringnya adalah infeksi virus. Kondisi ini akan membaik seiring waktu tanpa pengobatan khusus.

  1. Konstipasi (sembelit)

Yaitu konsistensi tinja menjadi keras. Akibatnya, anak harus berusaha keras untuk membuang tinjanya (mengedan). Penyebab tersering adalah pola konsumsi serat (sayur dan buah) yang kurang, belum dilakukan toilet training, dan terlalu minum susu. Pemberian obat pencahar seperti laktulosa kadang diperlukan pada konstipasi yang berlanjut (kronis), sambil mengatasi penyebabnya.

  1. Keracunan makanan

Ini ditandai dengan muntah berulang atau disertai sakit perut dan diare. Setelah seluruh makanan yang di duga beracun dikeluarkan dengan muntah, makan nyeri perut akan berangsur-angsur menghilang. Pastikan anak mendapatkan cukup minum untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang, jangan diberi obat anti muntah, karena akan menyebabkan zat-zat racun yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh tercegah dan akan mengendap dengan tubuh.

  1. Stres Psikologis

Penyebab ini biasa terjadi kepada anak yang lebih besar dan sudah memasuki sekolah, sakit perut dialami ketika sedang mengalami stres psikologis. Misalnya, terlalu banyak tugas, bertengkar dengan teman dll.

Itulah 4 hal yang bisa menyebabkan anak mengalami sakit perut. Sebagai orang tua, kita harus senantiasa mengawasi segala bentuk tumbuh kembang anak, termasuk kesehatan anak. Mudah-mudahan kita bisa menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita. Amiin

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Kenali 4 Penyebab Anak Sakit Perut"