KEDENGKIAN TIDAK AKAN ADA KALAU KITA PAHAM APA ITU REZEKI" - AMILY HIJAB

KEDENGKIAN TIDAK AKAN ADA KALAU KITA PAHAM APA ITU REZEKI"

2 bulan yang lalu      Informasi

Hasad/dengki  adalah sikap atau prilaku seseorang yang tidak suka terhadap orang lain yang mendapat keberuntungan, kenikmatan atau karunia Alloh SWT. Hasad atau dengki ini dapat timbul biasanya diawali dengan suatu permasalah atau permusuhan yang menyebabkan terjadinya persaingan untuk saling menjatuhkan dan ingin lebih dari orang lain.

Lalu kata rezeki itu artinya penghidupan, tiap-tiap yang bermanfaat, yang berdaya guna bagi mahluk. Rezeki juga berarti anugrah, karunia atau pemberian dari sisi Allah swt kepada makhluk-Nya. Jadi rezeki itu bukan hanya berniali uang saja, tapi segala aspek kehidupan yang bermanfaat bagi dirinya itu disebut rezeki, seperti anak yang soleh, mertua yang baik, tetangga yang baik, kemudahan urusan, kendaraan yang nyaman, dan lain-lain. syaikh Shalih Al- Fauzan Menjelaskan,

الرزق : ما ينتفع به كل مرتزق


“Rezeki adalah semua (apa-apa) yang bermanfaat (dimanfaatkan) oleh makhluk (yang diberi rezeki).” [Hushulul Ma’mul Hal. 31]

kalau kita mengetahui pendalaman tentang pengertian rezekikita tidak terjerumus kepada sifat hasad ini, karena orang yang tau pengertian rezeki lebih mendalam akan berpikiran bahwa semau aspek kehidupannya itu adalah rezeki, kita harus selalu bersyukur, bisa jadi orang lain sudah punya sumai kaya dan ganteng tapi masih belum punya anak, keluarganya tentram tapi tetangganya tidak suka terhadap dia, bisa saja orang lain urasannya sedang susah.

Jadi jangan pernah risau karena Alloh SWT telah membagikan rezeki kepada makhluknya dengan rata dan adil, jadi jangan iri terhadap orang lain dan jangan berpikiran bahwa kita tidak diberi rizki oleh Alloh SWT.

Jadi buat apa hasad,  Iri dan dengki Yang membuat malam sulit tidur Karena mendengar yang dihasadkan Mendapatkan kebahagiaan dan nikmat terus Ia pun benci dan tidak suka Siangnya menjadi letih dan capek karena hasad lelah mencari-cari berita tentang orang yang dihasadkan yaitu berharap berita jelek menimpanya.

Allah berfirman,


ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻳَﺒْﺴُﻂُ ﺍﻟﺮِّﺯْﻕَ ﻟِﻤَﻦْ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻣِﻦْ ﻋِﺒَﺎﺩِﻩِ ﻭَﻳَﻘْﺪِﺭُ ﻟَﻪُ ۚ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺑِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻋَﻠِﻴﻢٌ


“Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (Al-‘Ankabuut: 62).

Maka dari itu kita harus tahu pengertian dan makna rezeki dan hasad, kenapa ? karena orang mengetahui makna rezeki tidak akan pernah hasad dan juga orang yang tahu makna hasad tidak pernah melakukannya.

 Artikel Lengkap & Spesialis Khimar

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "KEDENGKIAN TIDAK AKAN ADA KALAU KITA PAHAM APA ITU REZEKI""