Kamu Wanita Tangguh yang Dicintai Allah SWT - AMILY HIJAB

Kamu Wanita Tangguh yang Dicintai Allah SWT

1 tahun yang lalu      Motivasi

     Wanita memiliki ruang sendiri dalam setiap zamannya. Kita sadari atau tidak, kehadiran wanita selalu memberi peran tersendiri terhadap lingkungan di sekitarnya. Namun wanita sering diidentikkan dengan air mata. Kelemahan fisik para wanita seringkali membuat ia terjerembab dalam keterpurukan yang berimbas pada kelemahan jiwa dan pemikirannya.

     Memang betul wanita diciptakan lebih mengedepankan perasaan dibandingkan logikanya. Berbeda dengan lelaki yang lebih besar penggunaan logika dibandingkan dengan perasaannya. Tapi apakah atas dasar itu wanita menjadi makhluk lemah? Makhluk yang sedikit-sedikit menangis hanya karena hatinya terluka. Makhluk yang tidak bisa diandalkan bahkan hanya dipandang sebelah mata. Tidak. Wanita bukanlah makhluk yang lemah. Sejarah Islam telah menorehkan betapa banyak sahabat wanita yang turut membantu memperjuangkan tegaknya Islam di muka bumi ini.

  Namun tidak demikian, banyak wanita-wanita yang tetap tegar meskipun banyak tragedi yang ia lalui. Diantaranya yaitu seorang Asyiah yang tetap beriman kepada Allah lewat Musa AS dan Harun AS meskipun menjadi pendamping hidup pembangkang Allah terkeras sepanjang masa Fir’aun; Nusaibah binti Ka'ab yang mengibaskan pedang untuk menghalau anak panah yang mengarah kepada Rasululloh saw saat perang uhud; Rabi’ah Al-‘Adawiyyah yang mampu membebaskan diri dari sebagai budak di negeri Iraq; Dan Asma binti Abu Bakar yang dalam keadaan hamil besar masih bisa mengantarkan perbekalan makanan dengan kudanya secara sembunyi-sembunyi.

   Tidak ada tangisan ketika seorang wanita tua berhadapan dengan Al-Hajjaj yang memenjarakan anak laki-lakinya dan akan membunuh anaknya. Wanita tua itu hanya berkata dengan tegasnya, “Sekali pun engkau tidak membunuhnya, dia pasti akan mati juga.”

   Wanita-wanita ini telah menerapkan tentang kelapangan dada yang diterangkan dalam Qs. Al-Insyirah: 1, “Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu.” Juga tentang ketangguhan, karena pada hakikatnya kedudukan wanita dan laki-laki itu sama di mata Allah, yang membedakan hanya amal perbuatannya.

   Kemudian ada apa dengan wanita masa sekarang? Yang mudah mengeluh, menangis karena hal sepele dan masalah duniawi. Tamu bulanan dijadikannya alasan untuk mementingkan egonya untuk menjadi makhluk terlemah. Ketika jodoh tak kunjung datang saja bisa membuatnya seolah-olah dunia akan segera berakhir, bahkan ditinggal teman (mendekati) zinah nya pun ia jadikan alasan untuk bersedih dan bermuram hati. Astaghfirullah, wahai wanita-wanita muslim yang mendambakan pertemuan dengan Rasulullah saw, jadikan dirimu layak untuk bertemu dengannya kelak di Surga. Jangan sampai kamu malu jika nanti bertemu dengan Khadijah, Fatimah, Aisyah, dan sosok wanita tangguh lainnya dalam sejarah Islam. Wallahualam.



Artikel Terkait


  10 bulan yang lalu
  10 bulan yang lalu
  1 tahun yang lalu
  1 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Kamu Wanita Tangguh yang Dicintai Allah SWT"