Jangan Tidur di Waktu ini ! - AMILY HIJAB

Jangan Tidur di Waktu ini !

4 bulan yang lalu      Informasi

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Lazimnya, tidur dilakukan di malam hari untuk memulihkan energi dan pikiran, supaya esok hari bisa menjalankan aktivitas.

Namun, meskipun tidur merupakan kebutuhan kita, ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk tidur. Kapan saja waktunya? Yuk kita ketahui semuanya

1. Tidur setelah Shalat Shubuh
Siapa yang suka tidur setelah shalat shubuh? Memang terasa ni’mat sekali apabila tidur setelah shalat shubuh, apalagi saat bulan ramadhan. Namun, kita harus tahu, bahwa tidur setelah shalat shubuh memberikan dampak yang kurang baik bagi kita, yaitu :

  • Masalah metabolisme. Tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya sehingga mempengaruhi kecepatan metabolism dan dapat membuat bobot tubuh meningkat.
  • Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal, sehingga dengan tidur di pagi hari dapat menyebabkan badan menjadi lesu.
  • Kehilangan waktu produktif. Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran masih segar. Jika tidur terlalu lama maka akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari.

Selain itu, tidur setelah shalat shubuh dapat menghambat rezeki kita, seperti dikatakan oleh Ibnu Qayim : Ada empat hal yang menghambat datangnya rezeki yaitu: tidur di waktu pagi, sedikit sholat, malas-malasan dan berkhianat“. (Zaadul Ma’ad) .

2. Tidur menjelang Shalat Maghrib
Biasanya kalau kita tidur di sore hari yakni pada waktu ashar sampai menjelang magrib, akan membuat keadaan seperti linglung, pusing, badan sakit, dan justru seperti orang sakit. sebagian ulama mengatakan “Siapa saja yang tidur selepas waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri“. Jika terlalu sering tidur di sore hari akan membuat jiwa atau pikiran semakin buruk.

3. Tidur sebelum Shalat Isya
Diriwayatkan dari Abu Barzah RA : ”Bahwasannya Rasulullah SAW membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 dan Muslim 647).

Mayoritas hadits-hadits Nabi menerangkan makruhnya tidur sebelum shalat isya’. Oleh sebab itu At-Tirmidzi (1/314) mengatakan : “Mayoritas ahli ilmu menyatakan makruh hukumnya tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya. Dan sebagian ulama’ lainnya memberi keringanan dalam masalah ini. Abdullah bin Mubarak mengatakan : “Kebanyakan hadits-hadits Nabi melarangnya, sebagian ulama membolehkan tidur sebelum shalat isya’ khusus di bulan Ramadlan saja.”

4. Tidur setelah makan
Apabila setelah makan kita langsung tidur, maka proses pencernaan tidak akan lancar, sehingga pencernaan menjadi terganggu, hal tersebut akan mengganggu kesehatan, maka dari itu, jangan tidur setelah makan.

5. Tidur Sepanjang Hari
Tidak diperbolehkan tidur sepanjang hari, karena akan melewatkan ibadah-ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, terlalu banyak tidur akan mematahkan hati, membuat malas, dan akan mengganggu kesehatan.

Itulah waktu-waktu yang tidak baik dan tidak boleh digunakan untuk tidur. Tidurlah pada waktu yang sudah seharusnya dan tidurlah dengan cukup, supaya manfaat tidur benar-benar dirasakan. Insya Allah

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com

 

 




Komentar Artikel "Jangan Tidur di Waktu ini !"