Jangan Menyiksa Diri Sendiri - AMILY HIJAB

Jangan Menyiksa Diri Sendiri

10 bulan yang lalu      Cerita Bersambung

 

Allah SWT menciptakan dunia seisinya untuk kemudahan manusia itu sendiri, oleh karena itu hendaklah manusia memanfaatkannya.

Ada sebuah kisah tentang seseorang yang menyusahkan dirinya, tidak hanya dirinya, namun kedua anaknya.

Sahabat Anas menceritakan bahwa suatu hari Rasulullah SAW melihat seseorang yang dipapah oleh kedua orang anaknya menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki.

Ketika melihat keadaan itu, maka baginda bertanya : “Mengapa dengan orang ini?”.

Dua anak itu berkata :”Dia bernazar hendak menunaikan haji dengan dengan berjalan kaki”.

Rasulullah SAW berkata :“Sesungguhnya Allah SWT tidak memerlukan orang yang menyiksakan dirinya”. Ketika itu juga, Rasulullah SAW memerintahkan kepada orang itu agar naik kendaraan untuk menunaikan haji.

Dari cerita di atas, dapat diambil pelajaran bahwa hidup jangan dibuat susah.

Cerita di atas menceritakan ada seseorang yang sudah tua dan memiliki dua anak, orang tua tersebut sudah kesulitan untuk berjalan. Namun, ketika ia beribadah haji ia memaksakan berjalan kaki dan dipapah kedua anaknya karena sebelumnya ia telah nazar.

Ketika manusia sudah bernazar, maka wajib melaksanakannya. Namun, ketika nazar tersebut tidak mampu dipenuhi, maka tidak wajib ditunaikan.

Barang siapa yang bernazar taat, lalu ia tidak mampu menunaikannya, maka nazar tersebut tidak wajib ditunaikan dan sebagai gantinya adalah menunaikan kafaroh sumpah. Dan jika seseorang itu bernadzar, lalu ia lupa jenis nadzarnya, maka karena ia tidak bisa melaksanakannya, ia wajib membayar kaffarat nadzarnya itu. Hal ini karena nadzar tersebut masih menjadi hutangnya kepada Allah SWT.

Allah SWT selalu memberikan kemudahan kepada hamba-hamba-Nya. Maka dari itu, kalau ada yang mudah kenapa harus pilih yang susah? Namun perlu diingat, mudah itu bukan berarti instan.

Mudah itu memerlukan ikhtiar namun tidak menimbulkan madharat, sedangkan instan itu bisa membuat orang malas untuk berikhtiar karena tidak ada usaha yang dilakukan.

Akan tetapi, semua kembali kepada perspektif masing-masing. Terkadang sebagian orang memilih yang susah dengan alasan supaya lebih greget. Namun sekali lagi, memilih yang susah tidak dianjurkan, dan kalau memang tidak mampu, tidak perlu dipaksakan dan nantinya akan menimbulkan madharat.

Silakan memilih yang susah, asalkan kita mampu melaksanakannya. Dan kalau kita bisa melaksanakannya berarti itu mudah, karena memang hidup itu mudah. Semuanya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa, kita hanya perlu Jalani, Ni’mati dan Syukuri.

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem

www.amilyhijab.com



Artikel Terkait


Artikel terkait tidak ditemukan

Komentar Artikel "Jangan Menyiksa Diri Sendiri"