Inilah Keutamaan Menyantuni Anak Yatim - AMILY HIJAB

Inilah Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

3 bulan yang lalu      Motivasi

Orang-orang sering menyebutkan bahwa esok hari atau tanggal 10 Muharram adalah Hari Lebarannya Anak Yatim, padahal tidak ada hari lebaran anak yatim, sehingga orang-orang berlomba-lomba menyantuni anak yatim di hari dan bulan itu, namun melupakan anak yatim di hari-hari lain atau bulan-bulan lain.

Dari Anas, ia berkata : “Rasulullah SAW datang ke Madinah dan mereka (orang-orang) menjadikan dua hari yang mana mereka suka bersenang-senang, lalu Rasulullah SAW bertanya : ‘Apa maksud dua hari ini?’, mereka menjawab : ‘kami biasa bermain/bersenang-senang pada dua hari ini di zama Jahiliyah, maka Rasulullah SAW bersabda : ‘Sesungguhnya Allah SWT telah menggantikan untuk kamu dengan dua hari raya yang lebih baik dari dua hari itu (dua hari raya zaman jahiliyah), yaitu : Hari Raya Adha dan Hari Raya Fitri ‘.” (HR. Abu Daud : 1134)

Namun, meskipun bukan hari lebaran anak yatim, kita dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim, bukan hanya di bulan Muharam saja, namun juga di bulan lainnya, kenapa? Karena menyantuni anak yatim mempunyai keutamaan-keutamaan .

1. Bersama Rasulullah SAW di Surga
Dari Sahl bin Sa’ad RA dia berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini’, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menginsyaratkan jari telunjuk dan jari tengah berliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya (H.R Al-Bukhori No. 4998 dan 5659).

2. Melunakkan Hati yang keras
“Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.”(HR. Al-Baniy, Shahi Al-Jami’, Abu Darda: 80)

3. Kebutuhan Hidup terpenuhi
“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”(HR. Al-Baniy, Shahih At Targhib, Malik Ibnu Harits: 1895)

4. Memperoleh Perlindungan di Hari Kiamat
Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran di hari kiamat Allah SWT tidak akan mengadzab orang yang mengasihi anak yatim dan berlaku ramah padanya serta manis tutur katanya. “Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan mengerti kekurangannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diperoleh Allah kepadanya. ”(H. R. Thabrani)

Itulah keutamaan menyantuni anak yatim. Semoga kita bisa merangkul semua anak yatim dan semoga tidak hanya di bulan muharram saja kita menyantuni anak yatim, namun juga di bulan-bulan lainnya. Amiin

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com

 

 





Komentar Artikel "Inilah Keutamaan Menyantuni Anak Yatim"