Inilah Ciri-ciri Orang Tua yang Kurang Tepat dalam Mendidik Anak - AMILY HIJAB

Inilah Ciri-ciri Orang Tua yang Kurang Tepat dalam Mendidik Anak

4 bulan yang lalu      Informasi

Anak adalah titipan dari Allah SWT untuk orang tua. Maka dari itu, kita sebagai orang tua, wajib menjaganya, mendidiknya dan membantu anak untuk senantiasa berada di jalan Allah SWT.

Namun, apakah cara kita dalam mendidik anak sudah tepat? Atau bahkan kita kurang tepat dalam mendidik anak? Bagaimana cirinya orang tua yang kurang tepat dalam mendidik anak? Berikut ciri-cirinya

1. Sering mengeluarkan kata-kata yang tidak baik, bahkan caci makian terhadap anak.
Pernahkah kita mengeluarkan kata-kata yang tidak baik terhadap anak? Atau bahkan sering? Hati-hati ya bunda, kata-kata yang kita lontarkan bisa menjadi do’a bagi anak, atau apabila kita sering mencaci tanpa suatu alasan, akan membuat anak menjadi murung dan sering melamun.

2. Membanding-bandingkan anak dengan anak yang lain.
Mungkin maksudnya untuk memotivasi anak, namun dengan membandingkan-bandingkan, itu bukanlah cara mendidik anak yang tepat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi anak.

3. Menasihati atau memarahi anak di depan orang lain.
Apabila ingin menasihati anak, nasihatilah ia ketika berada di rumah atau ketika ia sedang sendirian dan dengan cara yang baik supaya anak bisa berpikir. Jangan menasihati atau memarahi anak di depan orang lain, hal itu akan membuat anak malu dan merasa tidak mempunyai harga diri.

4. Mengendalikan anak sesuai keinginan orang tua.
Hal itu akan membuat anak terkekang dan bakatnya tidak akan berkembang. Sebagai orang tua, sebaiknya kita memotivasinya dan terus memantau kegiatannya, bukan mengendalikannya.

5. Menuntut anak untuk selalu perfeksionis
Jangankan anak, orang tua pun terkadang salah karena kita ini manusia, terkadang ingat dan juga khilaf. Jadi apabila anak melakukan suatu kesalahan, jangan hanya dinasihati, tapi juga bantu motivasi untuk memperbaiki kesalahannya.

6. Jarang berinteraksi dengan anak
Artinya kita jarang memperhatikan anak, misalnya kita tidak tahu bagimana ia di sekolah, dengan siapa ia bermain, tidak pernah mengantar anak sekolah, dan lain sebagainya. Hal itu akan membuat anak merasa tidak mempunyai orang tua. Jangan hanya pertumbuhannya saja yang diperhatikan, namun juga perkembangannya.

7. Tidak ingin mempelajari ilmu tentang mendidik anak masa kini
Islam adalah agama yang sangat kaya dengan ilmu, termasuk ilmu dalam mendidik anak. Orang tua yang tidak memperlajari ilmu tentang mendidik anak, maka ia akan terus monoton, tanpa mencoba hal-hal baru dalam mendidik anak.

Itulah ciri-ciri Orang Tua yang kurang tepat dalam mendidik anak? Apakah kita punya salah satu ciri-ciri tersebut? Atau bahkan semuanya? Hati-hati ya bund, apabila kita mempunyai ciri tersebut, segeralah untuk mengubahnya dan mencoba hal baru dalam mendidik anak namun sesuai dengan syariat islam. Mudah-mudahan kita menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita. Amiin

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com

 

 




Komentar Artikel "Inilah Ciri-ciri Orang Tua yang Kurang Tepat dalam Mendidik Anak"