Inilah 7 Indikator Kebahagiaan Dunia - AMILY HIJAB

Inilah 7 Indikator Kebahagiaan Dunia

4 bulan yang lalu      Motivasi

Setiap manusia pasti ingin mempunyai kehidupan yang bahagia, baik di dunia maupun di akhirat. Berbagai cara pun dilakukan untuk mencapai kebahagiaan.

Menurut Ibnu Abbas Ra yang merupakan sahabat Rasulullah SAW terdapat 7 indikator kebahagian dunia, yaitu:

1. Hati yang selalu bersyukur
Firman Allah, “Sesungguhnya jika engkau bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) rejeki kepadamu. Dan jika engkau mengingkari (nikmat-Ku), maka sugguh azab-Ku sangat pedih.”(QS. Ibrahim: 7).
Memiliki jiwa yang selalu bersyukur membuat kita lebih menikmati hidup. Semua akan terasa lebih mudah dan nikmat.

2. Pasangan hidup yang shaleh/shalehah
Sungguh beruntung mereka yang mendapatkan pasangan yang saleh karena akan lebih mudah mencapai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

3. Anak yang shaleh/shalehah
Anak yang saleh merupakan aset yang berharga bagi orang tuanya, karena doa anak saleh dijamin akan dikabulkan.
Firman Allah, Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah segala amal kecuali tiga macam amal; amal jariyah, ilmu yang diamalkan, doa anak yang saleh.” (HR. At-Tirmidzi)

4. Lingkungan yang kondusif untuk iman kita
Berada di lingkungan orang saleh secara tidak langsung akan membawa kita kepada kebaikan dan selalu mengingatkan kita ketika salah. Beruntunglah mereka yang selalu berada di lingkungan orang-orang saleh.

5. Harta yang halal
Rasulullah SAW bersabda :“Sesungguhnya sesuatu yang baik itu mendatangkan kebaikan. Namun apa yang kelihatan baik, belum tentu selamanya baik. Rumput yang tumbuh pada musim hujan, kadang kala dapat membunuh binatang ternak, kecuali hanya memakannya hanya sampai kenyang. Sesudah kenyang ia berhenti, lalu menghadap matahari, dan buang air besar atau buang air kecil. Siapa yang memperoleh harta dengan jalan halal, ia mendapatkan berkah dengan harta itu. Tapi siapa yang memperolehnya dengan jalan tak halal, maka contohnya seperti orang makan yang tak pernah merasa kenyang.”(HR. Muslim)

6. Semangat untuk memahami agama
Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin tinggi rasa cintanya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Cinta tersebut yang akan memberikan cahaya dalam hidupnya.

7. Umur yang berkah
Umur yang berkah ditandai dengan hari-harinya selalu di isi dengan kebaikan dan selalu mengingat Tuhan. Mereka tidak dilalaikan dengan kebahagian dunia saja. Mereka lebih mempersiapkan diri untuk akhirat.

Itulah 7 indikator kebahagiaan dunia, semoga kita tidak hanya mendapat kebahagiaan dunia, namun juga kebahagiaan akhirat. Amiin

 

Sumber : ummi-online.com

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik
www.amilyhijab.com

 




Komentar Artikel "Inilah 7 Indikator Kebahagiaan Dunia"