Inilah 6 Penyebab Malas Beribadah - AMILY HIJAB

Inilah 6 Penyebab Malas Beribadah

5 bulan yang lalu      Motivasi

Allah SWT berfirman :
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56).

Sudah disebutkan di dalam Al-Quran, bahwa kita diciptakan untuk beribadah, menyembah Allah SWT semata. Namun, jalan menuju ke Surga dan Keridho-annya tidaklah semudah jalan menuju Neraka dan Kemurkaan-Nya, selalu saja syetan menggoda kita supaya kita malas beribadah. Lalu apa saja yang menyebabkan kita malas beribadah? Yuk cari tahu penyebabnya :

1. Maksiat
Dosa maksiat yang dilakukan oleh diri kita akan membuat tubuh ini berat melaksanakan ibadah, pikiran dan hati pun akan gelisah dan tidak menemukan kenikmatan ketika beribadah, jadi sekalipun melakukan ibadah, ibadahnya tidak khusu dan ingin cepat selesai.

2. Tidak Mengerti Urgensi Ibadah
Penyebab orang malas untuk beribadah yang kedua adalah karena kita melupakan urgensi ibadah. Ibadah kepada Allah SWT sangat penting bagi kita, selain sebagai tugas kita, beribadah pun memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

3. Melupakan Kematian
Melupakan kematian adalah salah satu penyebab seseorang malas melakukan ibadah. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak mengingat kematian agar lebih rajin dalam beribadah.

4. Tidak mengetahui besarnya pahala beribadah, dan besarnya dosa meninggalkan ibadah
Penyebab malas selanjutnya adalah kita tidak mengetahui besarnya pahala beribadah kepada Allah SWT dan besarnya dosa meninggalakan ibadah kepada Allah SWT, sehingga kita menganggap ibadah sebagai perbuatan yang tidak wajib. Maka dari itu, perbanyaklah mengikuti kajian-kajian islami di lingkungan setempat, atau membaca artikel-artikel islami.

5. Berlebihan dalam hal yang Mubah
Penyabab seseorang malas melakukan ibadah adalah karena ia berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu yang mubah. Yaitu dalam hal makanan, minuman, pakaian, dan kendaraan serta yang lainnya. Hal yang demikian ini membuat kita malas untuk melakukan ibadah dan lebih berkeinginan untuk istirahat dan tidur. 

6. Memakan dan meninum yang haram
Makanan dan minuman haram juga bisa menjadi penyumbat organ tubuh kita dalam melakukan ketaatan pada Allah SWT. Ingat bahwa makanan yang kita konsumsi akan didistribusikan sari-sarinya melalui peredaran darah ke seluruh tubuh.

Itulah 6 penyebab yang membuat kita malas beribadah. Oleh karena itu, marilah berusaha untuk tidak malas dan berdo’alah memohon perlindungan Allah SWT  dari godaan syetan dan Rasa Malas. Insya Allah

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik
www.amilyhijab.com

 

 

 

 




Komentar Artikel "Inilah 6 Penyebab Malas Beribadah"