Inilah 11 Tips Hidup Damai dengan Mertua - AMILY HIJAB

Inilah 11 Tips Hidup Damai dengan Mertua

4 bulan yang lalu      Informasi

Assalaamu’alaikum ukhti... siapa yang sudah menikah? Apakah setelah menikah tinggal berdua dengan suami atau masih dengan orang tua/mertua? Tinggal Berdua atau dengan mertua itu sama saja, yang penting kita tidak lupa tujuan utama menikah.

Namun, tak sedikit dari kita yang tinggal bersama mertua selalu dilanda ujian, ada saja masalah yang menyebabkan kehidupan rumah tangga goyah. Lalu bagaimana carannya supaya kita hidup damai dengan mertua? Yuk kita pelajari bersama

1. Tanamkan dalam diri bahwa suami bukan milik kita
Berbeda dengan wanita, apabila wanita sudah menikah, maka yang pertama kali harus ditaati adalah suami. Sedangkan suami, apabila pria sudah menikah, maka tetap ibunya yang harus diprioritaskan. Maka dari itu, sadarkan diri kita, bahwa wanita yang lebih berhak atas suami, adalah ibunya.

2. Menyisihkan sebagian dari penghasilan suami
Tidak ada salahnya apabila kita memberikan sedikit dari penghasilan suami, bahkan lebih bagus kalau niatnya sedekah. Ibunya yang telah membesarkannya, sampai suami kita punya penghasilan, jadi sekarang kita sebagai menantunya yang berbalas budi, meskipun tidak akan pernah terbalas.

3. Membantu urusan mertua
Apabila mertua kita sedang kesusahan dan membutuhkan bantuan, maka sebagai menantu yang baik kita berusaha membantunya sesuai dengan kemampuan kita.

4. Berikan perhatian
Setelah suami kita terpenuhi perhatiannya, maka kita bisa memberikan perhatian kepada mertua kita.

5. Sesekali berikan hadiah
Apabila segala kebutuhan kita telah terpenuhi dan kita mempunyai rezeki lebih, boleh kita memberikan hadiah kepadanya. Tak perlu mahal, namun dengan niat yang tulus, bisa melembutkan hati mertua kita.

6. Ajak mertua jalan-jalan
Berlibur dengan suami dan anak memang menyenangkan, namun jangan lupa kepada mertua. Boleh sesekali kita ajak, walaupun hanya sekedar makan di luar. Kalaupun tidak diajak, jangan lupa bawakan oleh-oleh untuknya.

7. Memberikan perhatian kepada keluarga

Selain suami dan mertua, kita juga bisa menyenangkan mertua dengan memberi perhatian kepada keluarga mertua kita. Terlihat sepele, namun efeknya sangat luar biasa bagi kehidupan kita dengan mertua.

8. Menjaga suami dengan sungguh-sungguh
Jagalah suami, baik lahirnya maupun bathinnya, supaya mertua kita tidak khawatir dengan anaknya. Hal ini secara tidak langsung menjaga lahir dan bathinnya mertua kita.

9. Meminta maaf
Tidak hanya saat lebaran kita meminta maaf. Pada saat kita berbuat khilap kepada mertua atau suami kita, mohon ampunlah kepada Allah SWT, minta maaf kepada suami dan mertua.

10. Menutup Aib Mertua
Jangan jadi menantu yang sering membicarakan aib mertua. Hal ini akan membuat keributan, tidak hany di dalam rumah tangga, bahkan di luar kehidupan rumah tangga. Tutp aibnya rapat-rapat, cukup Allah SWT, kita dan suami kita yang tahu.

11. Sabar
Inilah yang terakhir, berusaha sabar ketika ada masalah.

Itulah 11 hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kehidupan yang tentram dengan mertua. Jangan lupa berdo’a kepada Allah SWT untuk meminta kedamaian hidup di dunia dan di akhirat. Mudah-mudahan kita senantiasa hidup rukun dalam berkeluarga. Amiin

Apabila ukhti, ingin menambahkan dan berbagi pengalaman, silahkan tinggalkan komentar di bawah J

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Inilah 11 Tips Hidup Damai dengan Mertua"