Ini dia, 7 Tips Menghemat Keuangan menjelang Lebaran - AMILY HIJAB

Ini dia, 7 Tips Menghemat Keuangan menjelang Lebaran

6 bulan yang lalu      Informasi

Lebaran sebentar lagi, itu artinya Ibadah Puasa kita di Bulan Ramadhan akan segera berakhir dan akan berganti dengan Bulan Syawal. Mudah-mudahan amalan yang telah kita lakukan diterima oleh Allah SWT. Amiin

Sudah menjadi kebiasaan kita apabila menjelang lebaran kita membeli berbagai kebutuhan lebaran. Namun di luar itu, terkadang kita lebih mementingkan hawa nafsu, gaya hidup, gengsi, ingin tampil WAH ketika lebaran dan lain sebagainya, sehingga kita mempunyai perilaku konsumtif.

Oleh karena itu, yuk kita belajar hemat, jangan sampai kita menjadi orang yang gila belanja yang dapat membuat isi dompet berkurang, dan pada akhirnya hasil usaha dan kerja keras selama satu bulan akan terkuras sehingga tidak punya tabungan untuk bekal hidup bulan selanjutnya. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa berhemat menjelang lebaran? Baca terus ke bawah ya, karena ada 7 hal yang dapat kita lakukan untuk berhemat :

1. Catat dan beli kebutuhan, bukan keinginan
Tulis segala sesuatu yang kita butuhkan dan lebih penting, jangan mementingkan keinginan. Misalnya, kita butuh Hijab untuk lebaran, tetapi kita ingin tas, maka yang di catat dan di beli adalah Hijab.
 
2. Bawa uang secukupnya
Ketika berbelanja, hendaknya membawa uang untuk sesuatu yang kita butuhkan saja. Kenapa? Karena supaya dapat membeli sesutu dengan cermat, usahakan jangan membawa kartu kredit atau pun yang lainnya, karena hal tersebut akan membuat kita merasa aman berbelanja tanpa memikirkan dan takut merasa kekurangan.

3. Jangan Terlalu Mengikuti Trend
Tahanlah dari hal ini, karena fungsi dari Puasa adalah menahan dari segala pembatalan puasa, termasuk hawa nafsu. Apabila keungan kita tidak cukup untuk membeli sesuatu trend baru, pilihlah sesuatu yang biasa saja, selain sederhana juga menghemat pengeluaran.

4. Belanjalah sendirian
Belanjalah dengan keluarga atau teman memang menyenangkan, karena bisa memberikan opini  terhadap sesuatu yang akan kita beli dan membawakan belanjaan kita :D kalau sekiranya kita mampu membawa belanjaan sendiri, tidak perlu mengajak siapapun, ataupun memerlukan pendapat kita maksimalkan teknologi untuk menghubungi mereka.

5. Hindari belanja Impulsif
Artinya belanja di luar dari list kebutuhan kita. Misalnya kita belanja ke pasar, karena melihat sesuatu yang menarik, akhirnya kita membeli barang tersebut, padahal barang tersebut sama sekali tidak terdapat dalam list kebutuhan kita.

6. Pisahkan THR pasangan
Jumlah dana THR bisa jadi lebih besar untuk pasangan yang telah bekerja. Bisa dibuat kesepakatan bersama bahwa THR suami digunakan untuk keperluan Lebaran sementara THR istri untuk ditabung. Yang terpenting, tetapkan anggaran keperluan Lebaran yang tepat, jangan sampai kita membeli barang-barang kebutuhan yang ternyata tidak sesuai dengan tingkat kemampuan kita.

7. Terapkan Mindset untuk hemat
Hal ini cukup sulit dilakukan jika kita adalah tipe orang yang nafsu belanjanya besar. Namun kita harus berlatih menerapkan 'mindset' bahwa kita harus lebih berhemat. Walau momen hari raya sangat penting, dan ingin memberikan penampilan yang terbaik, bukan berarti kita melupakan kebutuhanmu lainnya.

Itulah 7 tips berhemat menjelang lebaran, mudah kan? Tinggal kita mengamalkannya.
Ingat, Boleh saja berbelanja untuk menyambut lebaran . Asal bisa menggunakan uang kita secara bijaksana. Insya Allah J

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Ini dia, 7 Tips Menghemat Keuangan menjelang Lebaran"