Ingin Selamat Dunia Akhirat ? - AMILY HIJAB

Ingin Selamat Dunia Akhirat ?

3 bulan yang lalu      Motivasi

Sebagai makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna kita harus selalu bersyukur karena telah diberi akal dan pikiran yang bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu kita harus bisa menggunakan akal dan pikiran kita untuk selalu digunakan dalam melakukan hal-hal yang baik, contohnya seperti  mencari ilmu, dengan ilmu kita semua bisa selamat akan buruknya siksa dunia dan akhirat.

Nah..kemudian ilmu apa saja yang harus kita cari itu ? yang paling utama adalah ilmu akhirat. Kenapa harus memilih ilmu akhirat ? karena dengan kita memiliki ilmu akhirat maka dunia akan kita genggam, tapi kalau kita memiliki ilmu dunia saja, akhirat tidak bisa kita genggam.

Allah SWT berfirman :

Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagia pun di akhirat.” (QS. Asy-Syura: 20)

Maka dari itu ilmu yang paling utama yang harus kita miliki adalah ilmu akhirat. Supaya, dunia kita dapatkan, akhirat pun kita capai.

Dan juga selain harus mencari ilmu ada juga beberapa hal yang harus kita lakukan jika ingin selamat dunia dan akhirat, yaitu :

1. Kendalikan lisanmu
Rasulullah SAW pernah memberikan pengarahan :

“Sesungguhnya umat dahulu itu mengalami kehancuran karena tiga perkara yaitu, sebab banyak bicara, sebab banyak makan dan sebab banyak tidur”.

Dari pengarahan rasulullah tersebut kita harus bisa menjaga lidah yang tak bertulang ini. Jangan dipakai untuk ghibah ( bergunjing ) jangan digunakan untuk menyakiti tetangga, teman, saudara, agar supaya kita selamat.

2. Luaskan rumahmu
Dari hal diatas meluaskan rumah disini adalah menciptakan suasana keluarga yang sakinah, mawwadah, warrohmah, supaya keselamatan hidpun keluarga kita bisa benar-benar kita peroleh.

3. Tangisilah kesalahanmu
Taubat berarti kembali kejalan yang benar, setelah melakukan kesalahan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, dalam al qur’an jika kita berbuat dosa maka minta ampunlah. Seperti yang sudah di jelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi :

"Dari Uqbah bin Amir, katanya " saya pernah bertanya kepada Rasulullah tentang Apakah keselamatan itu ? " Rasul menjawab : " kendalikan Lisanmu, Luaskan Rumahmu, dan Tangisilah kesalahanmu. ( HR. Tarmidzi ).

 

Mudah-mudahan, Allah SWT memberikan keselamatan fiddunya wal akhiroh.. amiin 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Ingin Selamat Dunia Akhirat ?"