Ingin Khatam Baca Al-Quran di Bulan Ramadhan? Yuk Baca Tipsnya - AMILY HIJAB

Ingin Khatam Baca Al-Quran di Bulan Ramadhan? Yuk Baca Tipsnya

7 bulan yang lalu      Motivasi

Bulan Ramadhan adalah Bulan ketika Al-Quran diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul ‘Izza. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, karena segala bentuk kebaikan akan dibalas dengan pahala yang berlipat-lipat.

Salah satu amalan yang sering dilakukan ketika bulan Ramadhan adalah Tadarus Al-Quran. Disunatkan mengkhatamkan Al-Qur'an setiap minggu, dengan setiap hari membaca sepertujuh dari Al-Qur'an dengan melihat mushaf, karena hal itu merupakan ibadah. Juga mengkhatamkannya kurang dari seminggu pada waktu-waktu yang mulia dan di tempat-tempat yang mulia, seperti: Ramadhan, Dua Tanah Suci dan sepuluh hari Dzul Hijjah karena memanfaatkan waktu dan tempat.

Jika membaca Al-Qur'an khatam dalam setiap tiga hari pun baik, berdasarkan sabda Nabi SAW kepada Abdullah bin Amr : "Bacalah Al-Qur'an itu dalam setiap tiga hari ." ( Lihat kitab Fadhaa'ilul qur'an, oleh Ibnu Katsir, him. 169-172 dan Haasyiatu Muqaddimatit Tafsiir, oleh Ibnu Qaasim, hlm. 107.) 

Dan makruh menunda khatam Al-Qur'an lebih dari empat puluh hari, bila hal tersebut dikhawatirkan membuatnya lupa. Imam Ahmad berkata:

"Betapa berat beban Al-Qur'an itu bagi orang yang menghafalnya kemudian melupakannya."

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, sangat dianjurkan menghatamkan sekali dalam tiga hari, atau sekali dalam seminggu, atau mengkhatamkan Al-Qur'an tidak lebih dari 40 hari. Hal tersebut merupakan anjuran bagi siapa saja yang mampu melakukan.

Namun, Bagaimana dengan orang yang kesusahan dalam membaca atau mengkhatamkan Al-Qu’an? Entah hal tersebut dikarenakan ketidaklancaran dalam membaca atau tidak memiliki waktu luang untuk melakukanya dalam 40 hari (sibuk pekerjaan, selalu lupa, dll)?  

Karena kita berpotensi mengalami hal tersebut, paling tidak di dalam jangka waktu satu tahun, kita mengkhatamkan Al-Qur’an sekali dalam setahun. Waktu terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah ketika bulan Ramadhan. Sebagai gambaran awal untuk mengkhatamkan Al-Qur’an sebulan penuh di bulan ramadhan, perhatikan keempat hal berikut ini :

1. Di dalam Al-Qur’an terdiri dari 30 Juz
2. Tiap Juz terkadang ada yang 8/9/10 Lembar
3. Sholat Wajib terdiri dari 5 Waktu
4. Satu Bulan berjumlah 30 Hari

Jika kita melakukan sholat 5 waktu, usahakan membaca Al-Qur’an sebanyak 2 lembar setelah sholat wajib. Jadi Jumlah bacaan Al-Qur'an yang telah kita baca selama sehari adalah 10 lembar. berikut rinciannya :
Subuh: 2 Lembar
Dzuhur: 2 Lembar
Ashar: 2 Lembar
Magrib: 2 Lembar
Isya: 2 Lembar

Total bacaan selama sholat 5 Waktu (satu hari) adalah 10 lembar atau setara dengan 1 Juz dalam Al-Qur'an. Karena di dalam Al-Qur’an terdapat 30 juz dan satu bulan terdapat 30 hari. InsyaAllah jika kita melakukan hal di atas. Kita pun akan mudah mengkhatamkan Al-Qur’an selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan.

Tentu hal di atas merupakan rutinitas yang harus dikerjakan secara berkesinambungan, agar tujuan mengkhatamkan Al-Qur’an tercapai.

Bagi yang memiliki kesibukan dan tidak meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an pada salah satu waktu sholat tersebut, mungkin kita dapat menggantinya setelah sholat taraweh atau menjelang imsak. Cara ini juga berlaku untuk mengkhatamkan Al-Quran di luar bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Demikian tips dan tata cara untuk dapat mengkhatamkan Al Qur’an dalam sebulan selama Bulan Ramadhan. Cara tersebut cukup mudah untuk dipraktekkan asalkan ada niat yang kuat dalam diri kita untuk melaksanakan dan mempraktikannya secara rutin dan istiqomah. Insya Allah dengan niat yang kuat, maka segalanya akan terasa lebih mudah dan ringan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Ingin Khatam Baca Al-Quran di Bulan Ramadhan? Yuk Baca Tipsnya"