Ingin Keluarga Tetap Harmonis? Ikuti Nasihat Imam Ghozali - AMILY HIJAB

Ingin Keluarga Tetap Harmonis? Ikuti Nasihat Imam Ghozali

1 tahun yang lalu      Informasi

     Mempunyai keluarga yang harmonis menjadi impian semua pasangan suami istri yang sudah menikah. Namun, untuk menciptakan keluarga yang harmonis bukanlah hal yang mudah seperti membalikan telapak tangan. Butuh pengorbanan dan perjuangan yang dilakukan oleh keduanya.

Berkenaan dengan keluarga yang harmonis, Imam Ghozali telah menuliskan dalam kitab Ihya Ulumuddin mengenai kiat-kiat menjaga hubungan suami istri. Imam Ghozali berkata, apabila suami istri melakukan 14 hal ini, maka kehidupan keluarganya akan harmonis. Inilah 14 Nasihat Imam Ghozali :

  1. Mempelajari Ilmu Fiqih Khususnya Fiqih Nikah

    Sebelum menikah hendaknya mempelajari ilmu fiqih terutama bab nikah, supaya hak dan kewajibab suami istri saling terpenuhi.
  1. Suami harus sabar menghadapi istri

    Seorang suami harus sabar dalam menghadapi akhlaq atau perilaku istri. Bagaimana pun, akal seorang istri berbeda dengan suami, seperti sabda Rasulullah SAW :

    “Aku tidak melihat seorang yang kurang akal dan agamanya yang menguasai akal laki-laki lebih dari perempuan.” (HR. Bukhori).
  1. Suami harus romantic kepada istri

    Suami harus bisa romantis kepada istrinya dengan cara mencandainya atau bermain dengannya sebagaimana hal itu telah dilakukan oleh Nabi Saw kepada istri-istri beliau. Diriwayatkan bahwa Nabi Saw bercanda dengan istri-istrinya dan Nabi berusaha mengikuti apa kemauan mereka.
  1. Suami tidak mencemburi istrinya berlebihan

    Jadi suami hendaknya jangan terlau mencemburui istrinya sampai kelewat batas. Suami boleh cemburu dan merupakan sifat yang baik, misalnya ketika istri keluar rumah tanpa seizin suaminya atau berbicra dengan laki-laki lain yang bukan mahramnya dan lain lain.
  1. Suami memberi nafkah secukupnya
    Tidak terlalu kikir dan tidak terlalu boros, karena keduanya dilarang oleh agama. Sebagaimana firman Allah Swt dalam QS Al A’raf ayat 31,

“Makan dan minumlah kalian akan tetapi jangan sampai boros.”

  1. Istri harus bisa menerima apa adanya
    Seorang istri hendaknya bersifat qonaah, menerima apa adanya pemberian dari suami. Istri sebaiknya tidak minta sesuatu di luar batas kemampuan suami, karena hal ini bisa menyebabkan suami berbuat hal yang tidak diinginkan.

  2. Istri senantiasa menjaga harta suami

    Seorang istri hendaknya bisa menjaga harta suaminya dengan baik, tidak menafkahkannya kecuali dengan seizin suami.

  3. Istri tidak keluar rumah tanpa izin suami

    Seorang istri hendaknya selalu tinggal di rumah suaminya dan tidak pergi keluar rumah kecuali atas izin dari suaminya. Ketika keluar dari rumah hendaknya seorang istri berpakaian muslimah rapi dan menghindari tempat-tempat yang ramai.

  4. Istri tidak banyak mengobrol dengan tetangga

    Ketika berkumpul dengan tetangga, hindari untuk membicarakan hal-hal yang tidak perlu (ngerumpi) seperti membicarakan kekurangan atau kelebihan suami.

  5. Istri lebih mengutamakan kemauan suaminya dari pada kemauannya atau keluarganya

    Ketika permpuan sudah menikah, maka perintah suami harus diutamakan dari pada keluarga.

  6. Istri selalu tampil cantik di depan suami

    Ketika dihadapan suami, hendaklah seorang memanjakan pandangan suaminya dengan tampil cantik.

  7. Sabar dalam mendidik anak

    Anak adalah titipan kepada pasangan suami istri. Maka dari itu, seorang suami istri yang sudah mempunyai anak harus sabar dalam mendidiknya.

  8. Istri tidak boleh congkak terhadap suaminya

    Seorang istri tidak boleh merasa congkak terhadap suaminya, baik dengan kecantikan maupun hartanya. Contohlah Sayyidatuna Khadijah RA, seorang wanita yang kaya raya, ketika beliau menjadi istri Nabi Saw, beliau memberikan semua hartanya kepada Nabi untuk kepentingan dakwah sang suami.

  9. Istri melayani suami dengan semampunya

    Seorang istri hendaknya melayani suami dengan semampunya, baik itu pekerjaan rumah maupun pekerjaan yang lainnya, asalkan tidak mengandung kemaksiatan.

Itulah 14 Nasihat Imam Ghozali, yang namanya nasihat harus kita taati selama nasihat itu baik.

Mudah-mudahan, kita dapat melaksanakannya guna untuk memperbaiki rumah tangga kita demi mencapai fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah.

Artikel Lengkap dan Produsen Khimar Antem Terbaik




Komentar Artikel "Ingin Keluarga Tetap Harmonis? Ikuti Nasihat Imam Ghozali"