Hikmah dibalik Puasa Arafah - AMILY HIJAB

Hikmah dibalik Puasa Arafah

4 bulan yang lalu      Motivasi

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat diberlangsungkannya wukuf di tanah Arafah tanggal 9 Dzulhijah oleh para jamaah haji, atau tepatnya hari esok lusa tanggal 31 Agustus 2017.

Hukum melaksanakan Puasa Arafah adalah Sunnah bagi orang-orang yang tidak melakukan wukuf di Padang Arafah pada pelaksanaan Ibadah Haji.

Meskipun hukum melaksanakannya Sunnah, namun memiliki keistimewaan. Apa keistimewaannya?
Rasulullah SAW bersabda :

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Telintas pertanyaan di pikiran kita, dosa apa yang akan dihapus oleh Allah SWT? Berarti kalau seperti itu, kita tidak perlu beristighfar atau bertaubat?

Makna dari hadits di atas adalah,bahwa puasa arafah akan menghapus dosa selama dua tahun (yakni 1 tahun sebelum dan sesudahnya, pent) bagi orang yang melakukan puasa ini, para ulama mengatakan, ”Maksudnya dosa-dosa yang terhapus itu adalah dosa kecil.”

Bila dia tidak memiliki dosa kecil, diharapkan puasa ini menjadi penyebab meringankan dosa besar yang dia lakukan. Apabila tidak memiliki dosa besar, puasa ini akan menjadi penyebab naiknya derajat dia.  (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, 8/51)

Dosa yang terampuni dengan sebab puasa arafah dan amal sholih lainnya, hanya dosa kecil saja. Tidak berlaku untuk dosa besar.

Maka tidak benar beralasan dengan puasa arafah, untuk menghibur diri supaya merasa aman/legal melakukan dosa besar. Karena dosa yang disinggung dalam hadist, yang terhapus dengan sebab puasa arafah, maksudnya adalah dosa kecil saja. Dosa besar, hanya terampuni dengan bertaubat yang sungguh-sungguh kepada Allah SWT, yakni memohon ampunan, penyesalan, serta tekad untuk tidak mengulanginya lagi.

Justru terus-menerus melakukan dosa, tanpa ada upaya bertaubat, adalah penyebab dosa itu semakin besar di sisi Allah. Bahkan dosa kecil saja, yang dilakukan terus-menerus, bisa menjadi dosa besar, apalagi dosa besar yang dilakukan secara terus-menerus dan tidak ada rasa menyesal yang mendorongnya untuk bertaubat.

Setelah kita mengetahui keistimewaannya, yuk kita praktikan. Tepat waktunya esok hari,tetapi jangan lupa, kita tetap niatkan berpuasa sunnah karena Allah SWT supaya kita mendapatkan keistimewannya. Jangan lupa, ajak keluarga, saudara dan teman kita, jangan sampai kita melewatkan kesempatan satu tahun sekali ini. Insya Allah

Sumber:https://konsultasisyariah.com/29956-benarkah-puasa-arafah-bisa-menghapus-semua-dosa.html

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com

 




Komentar Artikel "Hikmah dibalik Puasa Arafah"