Hati-hati Jika Makan Duluan Bayar Belakangan - AMILY HIJAB

Hati-hati Jika Makan Duluan Bayar Belakangan

3 bulan yang lalu      Informasi

Ketika kita pergi untuk makan ke sebuah rumah makan, atau warung-warung pinggir jalan, kita pasti pesan dulu, habiskan makanan, baru kemudian dibayar, iya kan?

Lalu apakah makan duluan bayar belakangan itu boleh? Allah SWT berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan saling ridha diantara kalian”. (An-Nisa:29)

Dari ayat di atas, itu artinya boleh asalkan antara penjual dan pembeli saling ridha. Meskipun kita boleh makan duluan bayar belakangan, kita harus tetap berhati-hati karena bisa memberikan kerugian, apa saja kerugiannya?

1. Tertipu Harga Makanan
Karena kita sering makan duluan bayar belakangan, kita sering terkejut ketika membayar sesutu karena harganya yang fantastis. Dan hal ini sering terjadi di warung-warung atau rumah makan yang tidak mencantumkan daftar harga, sehingga kita tidak tahu harga dari produk yang kita beli.

2. Lupa bayar
Biasanya ketika lupa membayar, itu karena kita terburu-buru. Jadi, kalau memang makan di luar dan mempunyai sedikit waktu, alangkah baiknya kita bayar terlebih dahulu.

3. Menjadi Hutang
Setelah lupa bayar dan malas untuk kembali lagi, akhirnya menjadi hutang. Hutang itu harus dibayar, apabila tidak dibayar sampai kita meninggal dunia, maka jiwa kita akan terkatung-katung alias ditahan sampai hutang kita terlunasi.

Itulah kerugian yang bisa saja dialami oleh kita. Jadi, apabila kita makan di luar atau rumah makan, lebih baik kita bayar terlebih dahulu, supaya kita tenang dan tidak cemas kekurangan uang.

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Hati-hati Jika Makan Duluan Bayar Belakangan"