Dunia Tak kan Roboh, selama 4 Tiang ini berdiri Tegak - AMILY HIJAB

Dunia Tak kan Roboh, selama 4 Tiang ini berdiri Tegak

11 bulan yang lalu      Informasi

Dunia ini bagaikan bangunan, yang memiliki 4 Tiang, apa saja tiang-tiang tersebut?

 

     Yuk, kit abaca dalam Kitab Targhibatul Abrar :

“ Tiang tegaknya dunia itu ada empat perkara yaitu Ilmunya Para Ulama, Pemerintah Yang Adil, Kedermawanan orang-orang kaya, dan do’a orang-orang fakir…….”

     Kita hidup dan tinggal di negara Indonesia,  di bawah naungan asas Pancasila, oleh karena itu kita harus saling tolong-menolong dan bersatu untuk memajukan dan membangun negara kita, baik secara lahir maupun bathin.

     Sebagaimana telah disebutkan di atas, tiang dunia yang pertama adalah Ilmunya para Ulama. Para Ulama mengemban tugas yang besar, yaitu Amar Ma’ruf Nahi Munkar, dan mengajak manusia untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

     Karena itu, ulama dan ilmu yang dimilikinya dapat menyinari hati seseorang. Sudah menjadi keharusan bagi para ulama untuk menyampaikan ilmunya kepada orang lain dan tidak boleh menyembunyikannya.

     Rasulullah SAW menerangkan bahwa ulama adalah pelitanya dunia dan pewaris para nabi, karena akhlaq mereka menjadi contoh yang baik bagi umat manusia. Itulah mengapa, Ilmunya para Ulama menjadi tiang di dunia.

     Yang kedua adalah Pemerintah yang Adil. Sebelumnya, mari kita do’akan pemerintah kita mudah-mudahan pemerintah di negara kita selalu berada pada jalan yang benar dan dapat berlaku adil dan bijaksana terhadap rakyatnya.

Rasululullah SAW bersabda :
“Dua elemen dari umatku, jika baik, maka baiklah manusia, jika rusak, rusaklah manusia. Yiatu Ulama dan Umara (Pemerintah).

     Oleh karena itu, baik buruknya umat tergantung pada ulama dan umara, jika keduanya baik, maka umatnya baik dan apabila keduanya buruk, maka umatnya akan buruk juga.

    Yang ketiga dan keempat adalah kedermawanan orang kaya dan do’a orang fakir. Kedua elemen ini sangat penting dalam tegaknya dunia dan keduanya saling membutuhkan. Orang fakir membutuhkan kedermawanan orang kaya dan orang kaya membutuhkan do’a orang fakir. Keduannya harus saling tolong menolong, jika salah satu dari keduanya tidak saling menolong, maka tiang yang satu akan roboh.

    Itulah keempat tiang yang menjadi penopang berdirinya dunia. Namun, mendekati akhir zaman, kini tiang-tiang tesebut mulai rapuh dimakan usia. Mudah-mudahan kita bisa selamat di dunia dan di akhirat. Amiin J

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Dunia Tak kan Roboh, selama 4 Tiang ini berdiri Tegak"