Dibalik Bau Mulut Orang Yang Berpuasa - AMILY HIJAB

Dibalik Bau Mulut Orang Yang Berpuasa

7 bulan yang lalu      Motivasi

Bulan Ramadhan adalah Bulan ketika seluruh umat islam melaksanakan Rukun Islam yang keempat yaitu Ibadah Puasa. Ketika puasa, kita harus bisa menahan segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa, salah satunya makan dan minum.

Ketika manusia tidak makan dan minum, akan membuat nafas dari mulut kita tidak enak. Namun meskipun nafas mulut kita tidak enak, Allah SWT akan menggantinya dengan harum yang lebih harum dari minyak misk ketika di akhirat kelak.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)

Ada dua alasan kenapa sampai bisa bau mulut orang yang berpuasa bisa dibalas seperti itu:

1- Amalan puasa itu adalah rahasia antara hamba dengan Allah. Karena itu rahasia yang ia sembunyikan, maka Allah pun membalasnya dengan menampakkannya dengan bau harum di antara manusia di hari kiamat.

2- Bekas ketaatan yang berakibat tidak enak bagi jiwa di dunia, bekas seperti itu akan dibalas dengan sesuatu yang menyenangkan pada hari kiamat. Artinya, bau mulut yang tidak enak akan dibalas dengan bau yang wangi karena hal itu muncul dari amalan ketaatan pada Allah di dunia. (Lihat Lathoiful Ma’arif, hal. 286-288).

Ibnu Rajab rahimahullah berkata :
“Segala sesuatu yang dianggap kurang di dunia menurut pandangan manusia namun jika itu didapati karena melakukan ketaatan pada Allah dan mencari ridha-Nya, maka hakekatnya kekurangan tersebut adalah kesempurnaan (di sisi Allah).” (Lathoiful Ma’arif, hal. 288).

Bau mulut yang harum di hari kiamat timbul dari ketaatan yang dilakukan di dunia. Bau mulut harum tersebut membuat orang lain makin mencintainya di akhirat kelak.

Setiap kesusahan dan rasa capek yang timbul karena ketaatan akan berbuah manis di akhirat kelak. Semoga kita tidak patah semangat dalam beramal lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan.

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Dibalik Bau Mulut Orang Yang Berpuasa"