Cara memilih Pemimpin - AMILY HIJAB

Cara memilih Pemimpin

1 tahun yang lalu    

Assalaamu’alaikum Akhi,Ukhti J

            Sebentar lagi, di berbagai daerah di Indonesia akan melaksanakan Pemilu (Pemilihan Umum), baik itu Pemilihan Gubernur, Walikota sampai RT dan  RW.

Banyak orang yang mencalonkan menjadi Pemimpin Daerah, sehingga mulai banyak kampanye-kampanye dilakukan, mulai dari spanduk-spanduk di jalan, pawai, bantuan sosial, dan masih banyak lagi, hal itu memang wajar dilakukan, karena untuk menarik simpati rakyat, namun dalam Pemilu tetap harus dilakukan secara LUBERJURDIL (Langsung,Umum,Bersih,Jujur dan Adil).

Namun, tahukah kita cara memilih pemimpin dalam agama islam? bukan cara memilih secara prosedural, namun lebih kepada karakteristik pemimpin yang akan dipilih, nah, kalau belum tahu, berikut cara memilih pemimpin :

  1. Harus memilih pemimpin yang Muslim yang faham ilmu Agama Islam dan bisa mengamalkannya,
  2. Harus memilih pemimpin yang Shidiq, Amanah, Tabligh, Fathonah,
  3. Harus memilih pemimpin yang mencintai rakyatnya,
  4. Harus memilih pemimpin yang sehat ( baik dzohir, maupun bathin ),
  5. Harus memilih pemimpin yang mampu memimpin ( baik, secara fisik, mental, harta dll),
  6. Harus memilih pemimpin yang asli penduduk pribumi dan tinggal menetap,dan yang terakhir
  7. Kita sebagai muslim jangan memilih pemimpin kafir,

Artinya , jangan memilih pemimpin yang musyrik ( menyekutukan Allah SWT )

Sebagaimana dalam Al-Quran :

“Janganlah  orang-orang  mukmin  mengambil  orang-orang  kafir  menjadi  WALI (waly) pemimpin, teman setia, pelindung) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara  diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya, dan hanya kepada Allah kamu kembali.” (QS:  Ali Imron [3]: 28)

Itulah, cara memilih pemimpin dalam segi karakteristik, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan kita bisa memilih pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyatnya.Amiin

 

Khimar dan Gamis Syari

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Cara memilih Pemimpin"