Bunda, Ajari si Kecil Baca Al-Quran Yuk - AMILY HIJAB

Bunda, Ajari si Kecil Baca Al-Quran Yuk

4 bulan yang lalu      Motivasi

 

Siapa bilang anak dibawah usia lima tahun atau balita tidak bisa membaca Al-Quran? Bisa lho bund, bahkan bisa membaca Al-Quran dengan lancar layaknya orang dewasa. Namun, memang tidak bisa membaca Al-Quran dengan lancar begitu saja, perlu belajar terlebih dahulu, terlebih lagi anak-anak sering memilih bermain dari pada belajar membaca Al-Quran.

Lalu bagaimana caranya mengajari balita supaya mereka punya keinganan belajar dan bisa membaca Al-Quran ?

1. Penuhi kebutuhan fisiknya sesuai perintah Allah dan Rasul-Nya
Penuhi kebutuhan fisiknya, mulai dari sesuatu yang dipakai dan dikonsumsi. Pastikan anak-anak menggunakan dan mengonsumsi sesuatu yang halal dan baik, supaya Allah SWT memudahkannya dalam belajar membaca Al-Quran.

Apabila anak-anak  menggunakan atau mengonsumsi sesuatu yang haram, maka hal tersebut akan membuat anak sulit membaca Al-Quran.

2. Penuhi kebutuhan psikis
Curahkan kasih sayang atas dasar kecintaan kita karena Allah. Panjatkan doa agar Allah SWT melembutkan hatinya saat diajak belajar membaca Quran. Apabila anak lebih memilih bermain dari pada belajar membaca Al-Quran, bisa jadi kondisi psikisnya terganggu. Bisa jadi hatinya belum luluh. Maka berdoalah selalu kepada Allah SWT agar melembutkan hatinya.

3. Ajarkan sedini mungkin
Saat balita mulai mengeluarkan kata-kata, dekatkan dia dengan Al-Qur'an. Bisa melalui nyanyian atau pun video, mulainlah dengan pengenalan huruf hijaiyah.

Semakin dini mengajarkannya, semakin cepat hasil yang didapat. Apabila kita merasa kasihan karena anak masih terlalu kecil usianya, maka target dia bisa membaca akan semakin lama.

4. Sabar dan kreatif dalam mengajarkan
Kreatiflah dalam mengajarkan Anak membaca Al-Quran, kita bisa belajar kepada para pegajar Al-Quran, atau kita bisa cari di Internet cara kraetif mengajarkan anak membaca Al-Quran. Usahakan jangan membuat anak bosan, maka kreatifitas kita sangat dibutuhkan di sini.

Jangan lupa sabar ketika anak mulai merengek, atau sudah mulai lelah. Jangan terlalu dipaksakan, sedikit-sedikit yang penting ilmunya dapat.

5. Sering tilawah bersama orangtua
Apabila balita sudah mulai bisa membaca Al-Quran, ajaklah dia untuk tilawah bersama. Bisa setelah shalat fardhu atau pun diwaktu-waktu senggang. Atau kita bisa jadwalkan untuk belajar mengaji dan buat target untuk anak.

Itulah cara supaya anak punya keinganan belajar dan bisa membaca Al-Quran, selamat mencoba. Semoga anak kita bisa membaca Al-Quran dengan lancar dan kita berharap semoga anak kita menjadi Penghafal Al-Quran. Amiin

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com

 

 

 




Komentar Artikel "Bunda, Ajari si Kecil Baca Al-Quran Yuk "