Bolehkah Wanita Muslimah BERDEMONTRASI? - AMILY HIJAB

Bolehkah Wanita Muslimah BERDEMONTRASI?

1 tahun yang lalu      Informasi

     Menyampaikan pendapat secara berjamaah kepada pihak tertentu atau demonstrasi (muzhaharat) diperbolehkan dalam islam. Karena demonstrasi sesungguhnya sudah tercakup dalam dalil-dalil umum yang mensyariatkan amar ma’ruf nahi munkar atau menyampaikan nasehat kepada penguasa. Namun dalam melakukan demonstrasi perlu diperhatikan berbagai hal, agar tidak terjadi penyimpangan makna. Diantaranya; tujuan demonstrasi wajib sesuai syariah, dilakukan secara damai tidak menggunakan kekerasan dan senjata, tidak merusak fasilitas publik, ikhtilat dan tabarruj.

     Kemudian bagaimana hukumnya untuk kaum wanita muslimah? mengikuti hukum bolehnya demonstrasi secara umum tersebut, kaum wanita pun diperbolehkan untuk berdemonstrasi. Namun dengan syarat yang lebih banyak lagi karena kaum wanita lebih banyak batasan auratnya dibandingkan kaum lelaki.

     Tentunya kaum wanita boleh berdemonstrasi dengan menutup aurat secara sempurna. Jangan sampai demo yang syariah sesuai dengan Islam dilakukan dengan cara yang melanggar aturan Islamnya sendiri. Tidak mengeluarkan suara tak pantas yang dapat membangkitkan syahwat. Kemudian adanya izin dari orang tua/suami, karena adab Islam yaitu para wanita tidak dihalalkan keluar rumah kecuali atas seizin ayahnya atau seizin suami. Tidak berikhtilat atau bercampur baur dengan yang bukan muhrimnya. Laki-laki dan wanita tidak boleh berada dalam shaff yang sama, demikianlah yang Rasulullah SAW ajarkan kepada kita.

     Selain itu, jangan sampai menelantarkan tugas dan amanah utama, seperti mengasuh anak dan melayani suami. Misalnya karena ibu-bu berdemo, menyebabkan anak-anak mereka terlantar ditinggal bersama pembantu, apalagi jika menelantarkan suami. Tidak seharusnya mengejar hal yang sunnah tetapi menelantarkan yang wajib. Sebaiknya yang tampil didepan umum diutamakan adalah dari kaum lelaki.

     Namun dalam kondisi khusus dan tertentu serta sesekali, dimungkinkan adanya peran serta para wanita. Perlu menjadi penekanan adalah semakin seringnya wanita keluar rumah dan tampil di muka umum, apalagi dalam demonstrasi, semakin besar kemungkinan terjadi fitnah dan pandangan yang diharamkan, kemungkinan terjadi ikhtilat dan tabarruj tidak terkontrol. Wallahu‘alam.




Komentar Artikel "Bolehkah Wanita Muslimah BERDEMONTRASI?"