Bolehkah Makan sambil Berbicara?   - AMILY HIJAB

Bolehkah Makan sambil Berbicara?  

7 bulan yang lalu      Informasi

 

Apakah sering makan dengan keluarga atau teman? Setiap kali makan bersama keluarga atau teman, selalu saja ada yang dibicarakan, iya kan? Lalu apakah kita boleh makan sambi berbicara?

Sahabat Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhuma menceritakan,
Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta istrinya untuk diambilkan lauk. Namun kata mereka, ‘Kami tidak punya lauk apapun selain cuka.’Beliau tetap minta diambilkan cuka, dan makan dengan lauk cuka dan mengatakan, sebaik-baik lauk adalah cuka… sebaik-baik lauk adalah cuka… (HR. Muslim 2052)

An-Nawawi menjelaskan hadis di atas, dalam hadits ini terdapat anjuran untuk berbicara ketika makan, untuk membuat suasana akrab bagi orang-orang yang ikut makan. (Syarh Shahih Muslim, 7/14)

Berdasarkan hadis ini, para ulama menganjurkan untuk berbicara ketika makan. Terutama pembicaraan yang isinya pujian terhadap makanan dan pujian kepada Allah SWT yang memberi makan . Sumber : konsultasisyariah.com

Alhamdulillah sekarang kita sudah tahu bahwa berbicara ketika makan itu tidak dilarang, namun kita harus tetap memperhatikan ucapan kita, jangan sampai ketika kita makan menjadi waktu untuk menjelekkan satu sama lain, apalagi mencela makanan yang telah Allah SWT berikan. Wallahu a’lam

 

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar
www.amilyhijab.com

 

 




Komentar Artikel "Bolehkah Makan sambil Berbicara?  "