Balaslah Air Tuba dengan Air Susu - AMILY HIJAB

Balaslah Air Tuba dengan Air Susu

10 bulan yang lalu      Motivasi

Balaslah air tuba, dengan air susu

Peribahasa Indonesia mengatakan “ Air Susu, dibalas Air Tuba”, yang artinya kebaikan yang dibalas dengan keburukan. Namun, sebagai orang yang beriman (amiin), kita harus bisa membalikan peribahasa tersebut menjadi “Air Tuba dibalas Air Susu”.

Allah SWT berfirman :

Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat : 34).

Apabila ada orang yang beperilaku dan berkata tidak baik terhadap kita, baik itu kerabat, sahabat, rekan kerja maupun orang lain, hendaknya kita tidak membalas perbuatan mereka dengan perbuatan yang tidak baik pula, namun balaslah mereka dengan kebaikan dan nasihati mereka supaya mereka berhenti berbuat buruk. Karena kebaikan maupun keburukan seberat sekecil apapun, akan mendapatkan balasannya.

Allah SWT berfirman :

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.”
(QS. Al-Insyirah : 7-8)

Apabila kita selalu berbuat baik kepada mereka yang telah berbuat buruk, suatu saat nanti mereka akan berbalik kepadamu, yang sebelumnya memusuhimu, berbalik menjadi teman setiamu.

Sesungguhnya hati manusia ada di antara jari-jari-Nya, Dialah yang membolak-balikkan hati manusia sesuai kehendakNya. Sangatlah mudah bagi Allah SWT untuk mengubah benci menjadi cinta ataupun sebaliknya.

Inilah janji Allah SWT dalam FirmanNya, namun sayang beribu sayang, seringkali kita gengsi mengalahkan itu semua, sehingga terlewatilah nasihat dari langit ini untuk kita amalkan.

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selalu berusaha menerapkan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari, dan menjadikan hamba yang selalu berbuat baik. Amiin




Komentar Artikel "Balaslah Air Tuba dengan Air Susu"