Apapun kondisinya, bahagiakanlaah hatimu - AMILY HIJAB

Apapun kondisinya, bahagiakanlaah hatimu

3 bulan yang lalu      Motivasi

Kata bahagia menurut (KBBI) kamus besar bahasa indonesia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Jadi kata bahagia itu menandakan perasaan seseorang yang didalamnya tidak ada masalah. Tapi sering kali banyak orang beranggapan bahwa kebahagiaan yang sejati itu ada didunia, banyak orang-orang beriman yang menganggap bahwa kehidupan didunia adalah segalanya,karena mereka berpikiran bahwa hidup didunia ini hanya sekali, dan tidak ada kesempatan lagi untuk hidup, jadi mereka menghiasi hidupnya dengan hura-hura, sex bebas, kebahagiaan atas jabatan, dan lain-lain.

Tapi dalam islam definisi bahagia itu tidak didunia melainkan di akhirat, sebab kebahagiaan yang abadi itu ada di akhirat. Islam menawarkan konsep kebahagiaan yang tidak bisa didapatkan didunia.

Pastinya untuk mendapatkan kebahagian diakhirat adalah selalu beriman kepada Alloh dan mengamalkan ajaran yang telah diajarkan nabi. Tapi sering kali kita ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia, namun kebahagiaan di dunia tidak akan abadi sebab kebahagiaan yang abadi hanya ada di akhirat saja, nah berikut adalah konsep/ tips mendapatkan kebahagiaan didunia menurut islam.

1. Selalu bersyukur terhadap apa yang didapatkan

Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim : 7)

2. Hidup sederhana

Kenapa hidup sederhana itu bisa mengantarkan kita ke kebahagiaan ? sebab hidup kaya pun tidak akan mengantarkan kita ke kebahagiaan, orang kaya akan lebih bimbang dari pada orang miskin karena banyak kekayaannya yang harus dijaga, jadi mending hidup kita sederhana saja, karena kebahagiaan itu sederhana.

3. Berbaiksangka kepada Allah SWT

Dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Abu Daud, Rasulullah bersabda:

Janganlah seorang pun di antara kalian yang mati kecuali dalam keadaan berhusnudzon kepada Allah.

Contohnya seperti :Tidak selamanya lamaran ditolak itu buruk. Bisa jadi Allah sedang siapkan pengganti yang lebih baik secara fisik dan akhlak. Dengan begini, semua yang kita hadapi akan terasa ringan karena bagaimanapun jalan ceritanya, akan selalu happy ending.

4. Qonaah

Qonaah adalah ridho terhadap segala yang telah Allah berikan. Orang yang memiliki sifat qonaah ini akan mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa, karena orang yang berqonaah tidak akan mendaptkan ejekan dari orang lain, kalu orang yang kaya itu kan banyak selalu diguncing oleh orang lain. Jadi qonaah akan mengantarkan kita kedalam kebahagiaan.

Seperti perkataan bijak imam syafi’i

 

Jangan kau risaukan malapetaka # karena semua musibah hanya sementara.
Jika hatimu penuh qonaah # maka engkau dan raja sungguhan tidak ada bedanya.

Empat faktor diatas harus selalu ada dalam diri kita, karena dengan empat faktor diatas akan mengantarkan kita kedalam kebahagiaan didunia, akan tetapi kebahagiaan nya tidak akan abadi sebab kebahagiaan yang abadi hanya ada diakhirat, tapi empat faktor ini juga akan mengantarkan kita untuk mendapatkan kebahagiaan diakhirat.

Artikel Lengkap & Spesialis Khimar

www.amilyhijab.com

 




Komentar Artikel "Apapun kondisinya, bahagiakanlaah hatimu"