Antara Musibah, Ujian dan Azab - AMILY HIJAB

Antara Musibah, Ujian dan Azab

5 bulan yang lalu      Informasi

Setiap orang yang beriman, pasti pernah mendapat ujian dari Allah SWT, Baik ujian kebaikan, keburukan, kebahagiaan, kesulitan, kesempitan, kelapangan, dan lain-lain. Allah SWT akan menguji hamba-Nya sesuai dengan tingkatan keimanan dan kemampuannya.

Namun, kita sering merasa bingung, sebenarnya apa yang sedang kita terima ini? Apakah ujian? Musibah? Atau mungkin Azab? Berikut perbedaan dari ketiganya :

  1. Ujian

Ibtila' adalah ujian yang secara bahasa berarti ikhtibar (penyelidikan) dan imtihan (percobaan), baik berupa kesulitan maupun kesenangan, kebaikan maupun keburukan. Allah SWT berfirman :
Artinya: “Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya: 35)

Bukan tanpa tujuan Allah SWT memberikan ujian, tujuan Allah SWT memberikan tujuan adalah untuk menguji siapa hamba-Nya yang bersyukur atas ujian nikmat yang diperoleh dan siapa yang bersabar atas kesulitan yang menimpanya.

Namun bukan berarti Allah SWT tidak mengetahui sehingga menguji hamba-Nya, Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu, termasuk hamba yang akan bersyukur atau bersabar ketika mendapat ujian.

  1. Musibah

Musibah biasanya berbentuk sesuatu yang tidak disukai. Musibah secara bahasa, identik dengan teguran atau peringatan yang sudah menjadi ketentuan Allah, terjadi karena kesalahan yαng kita perbuat.

Apabila Allah SWT menghendaki kebaikan kepada hamba-Nya, maka Allah akan menyegerakan hukuman. Ditegur di dunia sehingga ia menjadi lebih baik dan suci dari dosa. Namun, apabila Allah SWT tidak mencintai hamba-Nya, maka Ia akan tunda hukumannya dan ditunaikan di akhirat kelak sebagai akibat dari perbuatan dosa yang dilakukannya.

Firman Allah dalam surat An-Nisaa ayat 79:
Artinya: “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An-Nisaa: 79)

  1. Azab

Azab adalah siksaan yang akan Allah SWT berikan kepada orang kafir baik di dunia maupun di akhirat.

Allah SWT berfirman :
“Orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.”
 (QS Ar Ra’du: 31).

 Itulah perbedaan antara Ujian, Musibah dan Azab. Apapun yang tengah kita jalani saat ini, kita harus tetap husnudzon kepada Allah SWT, karena Allah SWT mengetahui yang terbaik untuk hamba-Nya. Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang beriman dan dihindarkan dari Azab Allah SWT, dan mudah-mudahan kita senantiasa diberi kesabaran dan bisa bersyukur dengan ujian yang Allah SWT berikan. Amiin

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem

www.amilyhijab.com                 




Komentar Artikel "Antara Musibah, Ujian dan Azab"