Amalan apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi? - AMILY HIJAB

Amalan apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi?

9 bulan yang lalu      Informasi

Akhir-akhir ini, bumi kita sering dilanda gempa bumi, hal ini menandakan bumi kita sudah tua dan tak akan lama lagi menemui kehancurannya ( kiamat).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda :

“ Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gampa bumi.”

Apabila terjadi gempa bumi, terdapat amalan yang dapat dilakukan oleh kita :

1. Taubat kepada Allah SWT

Ketika terjadi Gempa Bumi, maka sudah seharusnya menambah keimanan kita dan sadar bahwa bencana atau musibah yang dialami adalah karena dosa-dosa yang telah kita perbuat. Tidaklah terjadi suatu malapetaka melainkan karena dosa, dan malapetaka itu tidak akan dicabut oleh Allah kecuali dengan taubat.

2. Banyak berdzikir, do’a, dan istighfar kepada Allah

Imam Syafi’i mengatakan, “Obat yang paling mujarab untuk mengobati bencana adalah memperbanyak tasbih”. Imam as-Suyuthi berkomentar, “Hal itu karena dzikir dapat mengangkat bencana dan adzab, sebagaimana firman Allah:

Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit” (QS. ash-Shoffat [37]: 143–144)

Ada dua hal yang dapat melindungi manusia dari adzab. Pertama, adanya Nabi Muhammad SWT di tengah-tengah manusia dan ini bersifat sementara. Kedua, istighfar dan meninggalkan segala dosa dan ini bersifat seterusnya sekalipun Nabi telah meninggal dunia.

3. Membantu Korban Bencana

Ketika dalam kenikmatan dan kesenangan, kita bisa makan, minum, dan memiliki rumah, maka ingatlah saudara-saudara kita yang terkena bencana. Saat ini mereka sedang kesusahan dan kesulitan. Maka ulurkanlah tangan kita untuk membantu mereka semampu mungkin.

4. Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Sebagaimana tadi kita sebutkan bahwa termasuk faktor terjadinya gempa adalah dosa umat manusia maka hendaknya hal itu dihilangkan, salah satu caranya dengan menegakkan dakwah, saling menasihati, dan amar ma’ruf nahi munkar sehingga mengecillah kemungkaran. Adapun bila kita acuh tak acuh dan mendiamkan kemungkaran maka tak ayal lagi bencana tersebut akan kembali menimpa kita. Na’udzubillah

Itulah 4 amalan yang dapat kita lakukan ketika terjadi Gempa Bumi, namun alangkah baiknya apabila amalan tersebut dapat kita lakukan setiap hari, tanpa harus datang gempa bumi terlebih dahulu. Insya Allah J

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "Amalan apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi?"