8 Hal yang harus diwaspadai ketika Berpuasa - AMILY HIJAB

8 Hal yang harus diwaspadai ketika Berpuasa

7 bulan yang lalu      Motivasi

Bulan Ramadhan adalah bulan ketika seluruh umat islam melaksanakan rukun islam yang keempat, yaitu Ibadah Puasa. Selain itu, Bulan Ramadhan juga menjadi bulan untuk dijadikan sebagai ajang berlomba-lomba dalam melaksanakan kebaikan, karena Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dipenuhi dengan berbagai keistimewaan, segala bentuk pahala dilipatgandakan oleh Allah SWT bagi yang melaksanakan kebaikan.

Namun, meskipun Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, kita tidak akan mendapatkan keistimewaannya atau puasa kita tidak sempurna bahkan mendapatkan nilai NOL apabila kita tidak waspada terhadap 8 Hal ini :

  1. Hal ini sepertinya sangat sulit untuk dihindari dari setiap orang. Selain bisa menggugurkan pahala puasa kita, ghibah ini merupakan riba yang paling riba, artinya dosa ghibah ini lebih besar dari pada dosa riba. Na’udzubillah..
  2. Media Sosial. Zaman teknologi tak lepas dari Media Sosial, banyak sekali hal-hal yang dapat dilihat di media sosial, sampai hal-hal yang haram untuk dilihat oleh kita. Maka dari itu, sebisa mungkin kita menundukan pandangan kita.
  3. Waktu browsing yang terlalu lama sampai lupa waktu untuk beribadah.
  4. Menonton sinetron yang dapat membuat kita lalai dan main game yang berlebihan yang akan memberikan banyak madharat dari pada manfaat.
  5. Ngabuburit, hal yang biasa dilakukan ketika menjelang berbuka puasa. Bukannya tidak boleh, asalkan kita bisa menjaga pandangan kita dari hal-hal yang haram untuk dilihat, alangkah lebih baiknya sebelum berbuka puasa, kita melakukan tadarus Al-Quran.
  6. Ngobrol yang terlalu sering dari pada membaca firman-Nya. Ngobrol yang terlalu sering, lambat laun akan mengeraskan hati kita, bahkan yang lebih ditakutkan lagi, lupa kepada Allah SWT.
  7. Status yang berisikan ibadah, misalnya “Alhamdulillah, tadarus Al-Qurannya sampai 1 juz”. Memang status tesebut tergantung dari niat penulisnya, namun hal ini akan membuat orang lain berprasangka buruk bahwa penulis status telah berbuat riya.
  8. Mall-mall, tak sedikit dari kita mulai mempersiapkan kebutuhan untuk lebaran sejak minggu pertama puasa, mulai dari makanan sampai pakaian, terlebih ketika minggu terakhir puasa. Banyak sekali orang yang menyerbu pusat-pusat perbelanjaan karena tergiur dengan segala penawarannya sampai mengalahkan masjid-masjid sebagai tempat ibadah yang menawarkan segala kebahagiaan. Dan akhirnya, masjid menjadi sepi dan pusat perbelanjaan menjadi penuh.

Itulah 8 hal yang patut kita waspadai dalam menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, jangan sampai menyianyiakannya dan tidak mendapatkan apa-apa selama berpuasa. Na’udzubillahi Min Dzaalik

Mudah-mudahan, niat berpuasa kita murni karena Allah SWT , dan Allah SWT senantiasa memberikan kelancaran kepada kita dalam menjalankan ibadah puasa. Amiin J

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "8 Hal yang harus diwaspadai ketika Berpuasa"