7 Amalan yang mempunyai Pahala setara dengan Pahala Ibadah Haji - AMILY HIJAB

7 Amalan yang mempunyai Pahala setara dengan Pahala Ibadah Haji

7 bulan yang lalu      Motivasi

Siapa yang tidak ingin melaksanakan Ibadah Haji atau Umroh ke Baitullah? Semua umat islam pasti ingin melaksanakannya, disamping keinginan melaksanakannya, melaksanakan ibadah haji pun merupakan salah satu dari rukun islam dan kewajiban melaksanakannya adalah bagi orang yang mampu dalam berbagai aspek.

Namun, bagi orang yang kurang mampu, apakah bisa kita melaksanakannya? Apakah bisa mendapatkan pahala seperti orang yang melaksanakan ibadah haji atau umrah? Jawabannya adalah bisa, insya Allah pasti bisa, meskipun tidak pergi ke Baitullah, namun kita bisa mendapatkan pahala seperti orang yang melaksanakan ibadah haji atau umrah, yuk lakukan 7 Amalan ini :

1. Shalat 5 waktu Berjamaah di Masjid

Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjama’ah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju shalat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir, 8: 127. Syaikh Al-Albani dalam Shahih wa Dha’if Al-Jami’ Ash-Shagir, no. 11502 menyatakan bahwa hadits ini hasan)

2. Melaksanakan Shalat Isyraq

Shalat Isyraq adalah shalat sunnat dhuha yang dilaksanakan di awal waktu (15 menit setelah matahari terbit).

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi, no. 586. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

3. Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid

Dari Abu Umamahradhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir, 8: 94. Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, 86 menyatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

4. Berdzikir setelah shalat

Biasakanlah untuk mengucapkan kalimat Tasbih, tahmid, tahlil dan takbir setelah shalat, baik shalat fardhu mapun shalat sunnah sebanyak 33x.

5. Umrah di Bulan Ramdhan

Apabila kita mampu dalam segala hal, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umrah, karena melaksanakan ibadah umroh di bulan Ramadhan mempunyai pahala yang sama dengan Ibadah Haji di musim Haji. Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari, no. 1782; Muslim, no. 1256).

6. Berbuat baik kepada kedua Orang Tua

Dari Anas bin Malikradhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“....Rasul pun berkata padanya, “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.”

7. Bertekad untuk berhaji

Apabila kita telah berniat, berdo’a, berusaha dan bertekad untuk melakukan ibadah haji, namun belum sempat melaksanakannya karena udzur atau pun meninggal dunia, maka akan mendapatkan pahala ibadah haji.

Dari Jabirradhiyallahu ‘anhu, ia berkata, dalam suatu peperangan (perang tabuk) kami pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya di Madinah ada beberapa orang yang tidak ikut melakukan perjalanan perang, juga tidak menyeberangi suatu lembah, namun mereka bersama kalian (dalam pahala). Padahal mereka tidak ikut berperang karena mendapatkan uzur sakit.” (HR. Muslim, no. 1911).
Sumber : https://rumaysho.com/14300-7-amalan-berpahala-haji.html

Itulah 7 amalan yang mempunyai pahala setara dengan pahala ibadah haji, insya Allah apabila kita mengamalkanya dengan niat karena Allah SWT, maka pahala tersebut akan Allah berikan kepada kita, mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya dan selanjutnya kita bisa segera dipanggil oleh Allah SWT untuk pergi menunaikan Ibadah Haji ke Biatullah. Amiin J

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "7 Amalan yang mempunyai Pahala setara dengan Pahala Ibadah Haji"