3 Tingkatan Orang Berpuasa. Berada di Tingkat Manakah Kita? - AMILY HIJAB

3 Tingkatan Orang Berpuasa. Berada di Tingkat Manakah Kita?

10 bulan yang lalu      Informasi

            Segala puja dan puji hanyalah milik Allah SWT yang telah memberikan berbagai macam ni’mat kepada kita, ni’mat hidup, ni’mat sehat, ni’mat iman dan islam serta ni’mat yang lainnya sehingga kita bisa melaksanakan Rukun Islam yang ke-4 yaitu Ibadah Puasa.

            Meskipun kita sama-sama melaksanakan Ibadah puasa, namun ibadah puasa kita tidaklah sama, tergantung dari orang yang menjalankannya. Adapun Tingkatan orang yang berpuasa dibagi menjadi 3 bagian :

  1. Shaum Awam

Tingkatan yang pertama ini adalah orang-orang yang pada umumnya puasa hanya untuk menahan lapar, haus dan tidak melakukan hubungan suami istri di siang hari, sedangkan anggota badan yang lainnya (mata, telinga, lisan, tangan, kaki dan lainnya) tidak berpuasa. Maksundnya anggota badan tersebut mengerjakan sesuatu yang tidak diridhoi oleh Allah SWT. Seperti Lisan yang selalu ghibah, mata yang melihat aurat dan lain sebagainya.

  1. Shaum Khusus

Tingkatan yang kedua ini adalah orang-orang yang berpuasa lahir dan bathin. Tidak hanya menahan hal yang membatalkan puasa, namun juga hal yang membatalkan pahala puasa. Anggota badannya dijaga dan hanya mengerjakan sesuatu yang dibenarkan dalam islam. Tingkatan kedua ini masih memiliki rasa khouf (takut) masuk neraka dan roja’ (berharap) ingin masuk surga, sehingga orang-orang yang berad pada tingkat ini berusaha untuk menjadi hamba yang taqwa.

  1. Shaum Khusus bil Khusus

Setingkat lebih tinggi dari shaum khusus. Tingkat ini adalah shaumnya Para Kekasih Allah SWT, yaitu para Rasul, Nabi, Wali dan orang-orang yang hanya hidup untuk Allah SWT. Ibadah puasa yang dilaksanakannya hanya karena Allah SWT, tidak memikirkan hal-hal duniawi yang bisa mangganggu fokus ibadahnya, tidak takut masuk neraka ataupun tidak mengharap surga, karena golongan ini hanya terfokus kepada Allah SWT.

Itulah 3 Tingkatan orang berpuasa, berada di tingkat manakah kita? Kita perlu bermuhasabah, sejauh mana kualitas shaum yang telah kita lakukan. Kita juga harus memilih, ingin mencapai tingkat manakah kita? Apabila memungkinkan, pilihlah tingkatan yang ketiga, bermujahadahlah untuk sampai di tingkat ini. Dan apabila belum mampu, bermujahadahlah untuk berada di tingkat kedua. Insya Allah, apabila kita berada di tingkatan kedua ini, Allah SWT akan memberikan kepada kita betapa ni’matnya menjalankan suatu ibadah. 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "3 Tingkatan Orang Berpuasa. Berada di Tingkat Manakah Kita?"