3 Hal Mudah Mengajarkan Anak Berhijab - AMILY HIJAB

3 Hal Mudah Mengajarkan Anak Berhijab

1 tahun yang lalu      Informasi

     Ketika anak perempuan muslim menginjak usia 9 tahun, maka hukum fiqih menjatuhkan status baligh kepadanya. Itu artinya semua perintah Allah SWT harus dilaksanakan dan semua larangan Allah SWT harus ditinggalkan.

     Salah satu kewajibannya yaitu menutup aurat dengan jilbab ( berhijab ). Namun, anak-anak berbeda dengan orang dewasa, anak-anak lebih aktif dan lebih menyukai aktivitas yang berkeringat, sehingga ia mudah panas dan gerah yang menyebabkannya sulit untuk berjilbab.

     Namun orang tua tak perlu khawatir, zaman sekarang semakin maju dan banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak menggunakan jilbab. Berikut cara mengajarkan anak untuk menggunakan hijab :

  1. Kenalkan anak pada pakaian yang syar’i

Sesekali boleh kita mengajak anak pergi bermain sambil mengenalkan anak dengan pakaian yang syar’i, Pilihkan bahan yang mudah menyerap keringat sehingga membuat anak tidak gerah dan nyaman ketika memakainya.
Pilihkan model pakaian muslimah sesuai dengan kesukaan anak agar anak senang memakai pakaian muslimah dan berjilbab sejak dini dalam kesehariannya. Orang tua dapat memilihkan model, warna, dan motif yang anak sukai, tetapi tetap sederhana dan tidak berlebihan.

  1. Berikan pemahaman tentang berhijab

Selanjutnya kita memberikan pemaham tentang berhijab, boleh melalui pendidikan agama atau bisa juga dengan mencontohkan anak kita dengan mengenakan hijab atas perintah Allah SWT.

  1. Berikan motivasi

Ketika anak mengenakan hijab, ada baiknya kita memotivasi dirinya supaya anak kita senang, semangat dan istiqomah. Bisa melalui pujian atau meberikan iming-iming reword. Walaupun awalnya di iming-iming dengan reword, lambat laun anak akan terbiasa mengenakan hijab dengan ikhlas dan ridho karena perintah Allah SWT.

Itulah 3 hal Mudah yang bisa kita lakukan dalam mengajarkan anak berjilbab sejak dini. Kita sebagai orang tua wajib memberikan pendidikan agama kepada anak-anak kita, termasuk mengajarkan anak perempuan kita dalam meggunakan hijab. Karean anak merupakan amanat yang wajiba kita jaga.

 

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem




Komentar Artikel "3 Hal Mudah Mengajarkan Anak Berhijab"