3 Golongan Orang Yang Melaksanakan Sholat. Golongan manakah kita? - AMILY HIJAB

3 Golongan Orang Yang Melaksanakan Sholat. Golongan manakah kita?

7 bulan yang lalu      Informasi

Allah SWT telah mewajibkan umat islam melaksanakan Sholat Fardu sebanyak 5 kali dalam sehari semalam. Shalat Dzuhur Insya Allah akan menghapus dosa-dosa kita dari Shubuh sampai Dzuhur, Sholat Ashar Insya Allah akan menghapus dosa-dosa kita dari Dzhur sampai Ashar, begitupun seterusnya.

Meskipun kita sama melaksanakan sholat fardhu sebanyak 5 waktu, tidak semua dari kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT, tergantung kita melaksnakannya. Orang-orang yang melaksanakan Sholat itu terbagi menjadi 3 golongan, yaitu :

  1. Orang-orang Jahil (Tidak berilmu), yaitu orang-orang yang melaksanakan Sholat, tetapi tidak mengetahui Ilmu tentang Sholat mulai dari syarat sahnya sholat, rukun, pembatalan sholat dan sebagainya, serta melaksanakan sholat hanya ikut-ikutan saja.
  1. Orang-orang Ghofil, yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya, pada umumnya golongan ini mengetahui ilmu tentang sholat, namun hati dan pikirannya tidak fokus kepada Allah SWT dan malah fokus kepada hal-hal duniawi. Golongan ini termasuk golongan orang-orang yang celaka, sebagimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Ma’un ayat 4-5 :
    “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam sholatnya”.
    Terlintas di pikiran, mengapa celaka? Padahal mereka melaksanakan Sholat? Karena mereka lalai dalam sholatnya. Sholat merupakan komunikasi langsung antara manusia dengan Allah SWT. Ketika berkomunikasi, seharusnya manusia fokus kepada Allah SWT, bukan mengabaikan Allah SWT karena kita malah fokus kepada hal lain, dan hal ini membuat-Nya tidak Meridhoi kita. Na’udzubillah
  1. Orang-orang Khusyu, yaitu orang-orang yang benar-benar Taqorrub kepada Allah SWT, tidak ada urusan lain yang menghalangi hati dan pikiran untuk fokus kepada Allah SWT.

Itulah 3 golongan orang-orang dalam melaksanakan Sholat. Termasuk golonga manakah kita? Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang-orang yang khusyu dalam sholat. Apabila kita masih belum khusyu, marilah belajar khusyu dari sekarang. Sebelum bulan ijabah (ramadhan) pergi,  marilah kita berdo’a kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita diberikan ketenangan dalam beribadah dan dihapuskan segala dosa-dosa karena kelalaian kita. Amiin

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "3 Golongan Orang Yang Melaksanakan Sholat. Golongan manakah kita?"