3 Amalan Penghapus Dosa - AMILY HIJAB

3 Amalan Penghapus Dosa

9 bulan yang lalu      Motivasi

Semua diantara kita tentu mempunyai kesalahan.Karena setiap manusia tentu pernah berbuat suatu kekhilafan ataupun dosa,sekecil apapun itu.Tidak ada seorang manusiapun yang terbebas dan luput dari dosa.

Namun, Allah SWT dengan Rahman dan Rahim-Nya memberikan jalan kepada kita untuk memperbaiki diri sehingga dosa-dosa kita dihapus oleh-Nya.

Rasulullah SAW bersabda :

Maukah kalian aku beritahukan amalan yang dengannya akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat? Para sahabat menjawab : mau wahai Rasulullah. Beliau bersabda : menyempurnakan wudhu di saat yang sulit, banyak melangkah menuju masjid, dan menunggu sholat setelah sholat, itulah ribath (perjuangan)(HR.Muslim).

Pertama, menyempurnakan wudhu di saat yang sulit. Maksudnya menyempurnakan wudhu’ ketika cuaca (musim) dingin. Karena dalam kondisi tersebut, air akan terasa sangat dingin ketika digunakan untuk berwudhu’. “Menyempurnakan” di sini maksudnya meratakan air ke setiap anggota tubuh yang wajib terkena air ketika berwudhu. Oleh karena itu, dalam kondisi tersebut, akan terdapat kesulitan dalam jiwa manusia. Apabila seseorang tetap menyempurnakan wudhu dalam kondisi sulit tersebut, maka hal ini menunjukkan atas kesempurnaan imannya. Oleh karena itu, Allah pun membalasnya dengan mengangkat derajat seorang hamba dan menghapus kesalahan-kesalahannya. (Lihat Syarh Riyadhus Shalihin 2/185, karya Syaikh Ibnu ‘Utsaimin)

Namun bukan berarti kita menyengaja dan memaksakan diri untuk mengerjakan hal-hal yang sulit tersebut jika masih memungkinkan bagi kita untuk mendapatkan yang lebih mudah. Bukan berarti kita tetap memaksakan diri berwudhu dengan air dingin padahal kita memiliki air hangat atau masih memungkinkan untuk memasak air. Karena yang lebih afdhal adalah mencari (mengerjakan) yang lebih mudah dalam segala sesuatu. (Lihat Syarh Riyadhus Shalihin 3/588, karya Syaikh Ibnu ‘Utsaimin)

Sumber: https://muslim.or.id/23562-menyempurnakan-wudhu-di-kala-sulit.html

Kedua, banyak melangkah menuju masjid. Maksudnya senantiasa melangkahkan kaki untuk pergi sholat berjamaah di masjid, terutama kaum pria. Senantiasa menghadiri pengajian-pengajian yang dilaksanakan di masjid, dan lain  sebagainya.

Ketiga, menunggu sholat setelah sholat. Maksudnya bukan berarti kita hanya duduk menunggu waktu shalat, namun mengisinya dengan dzikir, belajar ilmu agama, beraktivitas dan lain sebagainya. Apabila bekerja atau beraktivitas, maka niatkan ibadah untuk mengisi waktu menunggu waktu sholat.

Itulah 3 amalan yang mudah-mudahan bisa kita lakukan, sehingga Allah SWT menghapus dosa-dosa kita dan mengangkat derajat kita. Amiin J

Artikel Lengkap & Produsen Khimar Antem Terbaik

www.amilyhijab.com




Komentar Artikel "3 Amalan Penghapus Dosa"